[SALAH] Kapolri Batalkan Keputusan Bharada E Kembali ke Polri

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Video yang diunggah hanya berisi cuplikan wawancara Bharada E oleh Rosianna Silalahi. Tidak ada informasi mengenai pembatalan keputusan kembalinya Bharada E ke Polri oleh Kapolri.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1679753031.882834/singlefile.html (Youtube)

=====

[NARASI]: “Berits terbaru pagi ini || Kapolri batalakan pengangkatan bharada E sebagai anggota polri lagi.”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube Merah Putih mengunggah video dengan klaim Bharada E, salah satu terdakwa dalam kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat, batal bertugas kembali ke Polri. Hal ini disebabkan Kapolri membatalkan hasil keputusan Kode Etik dan Profesi atas Bharada E.

Setelah menonton keseluruhan video, tidak ada informasi yang menyebutkan bahwa Kapolri membatalkan keputusan kembalinya Bharada E ke Polri. Video tersebut hanya berisi cuplikan tayangan Pemimpin Redaksi Kompas TV Rosianna Silalahi mewawancarai Bharada E di Rutan Bareskrim cabang Salemba dan ditayangkan pada Kamis 9 Maret 2023.

Dalam wawancara tersebut, Bharada E menanggapi putusan ringan dari Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan dan putusan KKEP yang mempertahankannya sebagai anggota Polri.

=====

[REFERENSI]:

– https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/03/25/135144982/hoaks-bharada-e-batal-bertugas-kembali-di-polri?page=all#page2
– https://nasional.kompas.com/read/2023/02/22/18080861/tak-dipecat-bharada-e-diberi-3-sanksi-lewat-sidang-etik-polri
– https://www.youtube.com/watch?v=Sf_5fSr2SWI&ab_channel=KompasTVMakassarChanneL23UHF