[SALAH] LELAH DIFITN4H, NEKAT.! BUNDA CORLA PERLIHATKAN BADAN & KEL4MIN DIRINYA PEREMPUAN

Hasil periksa fakta Ummul Hidayah.

Unggahan video dengan klaim Bunda Corla memperlihatkan badan dan kelaminnya untuk menunjukkan bahwa dirinya perempuan. Video tersebut hanya berisikan video TikTok saat Ivan Gunawan hadir dalam podcast milik Eko Patrio dan komentar netizen terhadap tindakan Isa Zega yang kurang baik terhadap Bunda Corla.

=========
[KATEGORI]: Koneksi yang salah.

========
[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1676509044.313299/singlefile.html (YouTube)

=====
[NARASI:]
“LELAH DIFITN4H, NEKAT.! BUNDA CORLA PERLIHATKAN BADAN & KEL4MIN DIRINYA PEREMPUAN”.

============
[PENJELASAN]:

Akun YouTube MAKANTU GOSIP pada 5 Februari 2023 mengunggah video dengan judul “LELAH DIFITN4H, NEKAT.! BUNDA CORLA PERLIHATKAN BADAN & KEL4MIN DIRINYA PEREMPUAN”. Judul tersebut tidak sesuai dengan isi dari video yang diunggah. Video yang berdurasi 8 menit 36 detik itu tidak membahas Bunda Corla yang menunjukkan badan dan kelaminnya untuk membuktikan dirinya adalah seorang perempuan. Unggahan tersebut hanya berisikan video TikTok saat Ivan Gunawan hadir dalam podcast milik Eko Patrio, komentar netizen terhadap tindakan Isa Zega yang kurang baik terhadap Bunda Corla, dan menarasikan artikel milik Askadina.

Video TikTok dalam unggahan tersebut adalah milik akun KOL_GORENG yang mengomentari pernyataan Isa Zega bahwa kehadiran Bunda Corla di Indonesia tidak ada untungnya. Selain itu, video TikTok milik akun suliyan22 berisikan potongan video Ivan Gunawan di podcast Eko Patrio yang membahas tanggapannya tentang isu Bunda Corla seorang transgender.

Unggahan tersebut juga menarasikan artikel berjudul “Capek Ditanya Netizen, Ivan Gunawan Tanyakan Langsung Jenis Kelamin Bunda Corla” milik Askadina yang diunggah pada laman Joglo.Suara.com pada tanggal 5 Februari 2023. Artikel tersebut membahas tentang Ivan Gunawan yang menanyakan langsung soal gender Bunda Corla.
==========
[REFERENSI]:
– https://joglo.suara.com/read/2023/02/05/111000/capek-ditanya-netizen-ivan-gunawan-tanyakan-langsung-jenis-kelamin-bunda-corla
– https://www.tiktok.com/@suliyan22/video/7195924424359464219
– https://vt.tiktok.com/ZS85USBJr/