[SALAH] IGUN LANGSUNG TERBANG KE JERMAN JENGUK BUNDA CORLA, DUKUN JERMAN SEBUT SAKIT BUNDA CORLA TAK BIASA.!

Hasil periksa fakta Ummul Hidayah.

Unggahan video dengan klaim Ivan Gunawan menjenguk Bunda Corla di Jerman karena Bunda Corla menderita penyakit yang tidak biasa. Unggahan tersebut hanya berisikan video TikTok komentar netizen terhadap Nikita Mirzani dan Isa Zega. Unggahan tersebut juga berisikan video TikTok yang merupakan potongan podcast milik Eko Patrio.

=========
[KATEGORI]: Koneksi yang salah.

========
[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1676505911.370877/singlefile.html (YouTube)

=====
[NARASI:]
“IGUN LANGSUNG TERBANG KE JERMAN JENGUK BUNDA CORLA, DUKUN JERMAN SEBUT SAKIT BUNDA CORLA TAK BIASA.!”.

============
[PENJELASAN]:

Akun YouTube MAKANTU GOSIP pada 6 Februari 2023 mengunggah video dengan judul “IGUN LANGSUNG TERBANG KE JERMAN JENGUK BUNDA CORLA, DUKUN JERMAN SEBUT SAKIT BUNDA CORLA TAK BIASA.!”. Judul tersebut tidak sesuai dengan isi dari video yang diunggah. Video yang berdurasi 8 menit 18 detik itu tidak membahas Ivan Gunawan yang pergi ke Jerman untuk menjenguk Bunda Corla yang terkena penyakit tidak biasa. Unggahan tersebut hanya berisikan video TikTok saat Ivan Gunawan hadir dalam podcast milik Eko Patrio, komentar netizen terhadap tindakan Isa Zega dan Nikita Mirzani terhadap Bunda Corla.

Video TikTok dalam unggahan tersebut adalah milik akun KOL_GORENG yang mengomentari pernyataan Isa Zega bahwa kehadiran Bunda Corla di Indonesia tidak ada untungnya. Selain itu, video TikTok milik akun suliyan22 berisikan potongan video Ivan Gunawan di podcast Eko Patrio yang membahas tanggapannya tentang isu Bunda Corla seorang transgender. Video TikTok milik akun mamak cemara uwu yang terdapat dalam unggahan tersebut berkomentar bahwa Nikita Mirzani harusnya tidak lupa dengan kebaikan Bunda Corla yang sudah mengembalikan uang 100 juta pemberiannya.

Unggahan tersebut juga menarasikan artikel berjudul “Capek Ditanya Netizen, Ivan Gunawan Tanyakan Langsung Jenis Kelamin Bunda Corla” milik Askadina yang diunggah pada laman Joglo.Suara.com pada tanggal 5 Februari 2023. Artikel tersebut membahas tentang Ivan Gunawan yang menanyakan langsung soal gender Bunda Corla.
==========
[REFERENSI]:
– https://joglo.suara.com/read/2023/02/05/111000/capek-ditanya-netizen-ivan-gunawan-tanyakan-langsung-jenis-kelamin-bunda-corla
– https://www.tiktok.com/@suliyan22/video/7195924424359464219
– https://vt.tiktok.com/ZS85USBJr/
– https://vt.tiktok.com/ZS85TE4wC/