[SALAH] Perang Dunia III Pecah jika China-Iran Terlibat Konflik Indonesia-Australia

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video dengan judul yang mengklaim bahwa Perang Dunia III akan meletus jika China dan Iran ikut campur dalam konflik antara Indonesia dan Australia adalah konten yang dimanipulasi. Faktanya, narator hanya membaca ulang dan menyunting artikel milik CNN Indonesia dengan judul “Senator AS: PD III Pecah jika China-Iran Ikut Konflik Rusia-Ukraina”

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1676845930.702695/singlefile.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “PERANG DUNIA III PECAH!!BEKINGI INDONESIA, DUET MAUT CHINA-IRAN JADI KIAMAT BAGI AUSTRALIA DAN AS”

=======

[PENJELASAN]:

Channel YouTube DUNIA BERITA (https://www.youtube.com/@duniaberita2029) pada 18 Februari 2023 mengunggah video dengan klaim bahwa Amerika Serikat mengatakan jika Perang Dunia III dapat meletus apabila China dan Iran terlibat dalam konflik antara Indonesia-Australia. Lebih lanjut Amerika mengatakan apabila hal itu terjadi, maka akan muncul kelompok Islam radikal bersenjata nuklir.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya narasi yang dibacakan dalam unggahan tersebut merupakan hasil suntingan karena narator hanya membaca ulang artikel milik CNN Indonesia (https://www.cnnindonesia.com/). Artikel asli dengan judul “Senator AS: PD III Pecah jika China-Iran Ikut Konflik Rusia-Ukraina” telah diunggah pada 24 Februari 2022. Dalam artikel tertulis bahwa Perang Dunia III akan pecah jika China-Iran ikut terlibat konflik antara Rusia dengan Ukraina, bukan konflik antara Indonesia dan Australia seperti yang tertulis pada judul video.

Artikel asli milik CNN Indonesia

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh channel YouTube JENDERAL merupakan konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
https://www.cnnindonesia.com/internasional/20220224153252-134-763580/senator-as-pd-iii-pecah-jika-china-iran-ikut-konflik-rusia-ukraina