[SALAH] Rudal Rusia Hancurkan Apartemen di New York

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video dengan klaim bahwa sebuah apartemen di New York telah hancur akibat serangan rudal Rusia merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, narasi yang dibacakan dalam video tersebut diambil dari 2 sumber artikel yang berbeda.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1676868549.468146/singlefile.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “SITUASI MENCEKAM!!SERANGAN SUSULAN RUSIA PANGGANG WARGA AMERIKA, PUTIN MURKA LAKUKAN INI!!”

=======

[PENJELASAN]:

Channel YouTube DUNIA BERITA (https://www.youtube.com/@duniaberita2029) pada 19 Februari 2023 mengunggah video dengan klaim bahwa sebuah apartemen di New York runtuh akibat serangan rudal Rusia. Lebih lanjut, pihak berwenang Amerika mengatakan jika harapan untuk menyelamatkan lebih banyak warganya dari puing-puing blok apartemen itu kian menipis.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya narasi yang dibacakan dalam unggahan tersebut merupakan hasil suntingan dari 2 sumber artikel yang berbeda.

Pada awal video yang menyebutkan bahwa rudal Rusia berhasil menghancurkan apartemen di New York dan menewaskan setidaknya 30 orang warga sipil merupakan hasil suntingan dari laman website okezone (https://news.okezone.com/) yang telah diunggah pada 16 Januari 2023. Dalam artikel asli berjudul “Serangan Rudal Rusia Hantam Apartemen Dnipro, 30 Orang Meninggal dan 75 Terluka” tertulis bahwa rudal Rusia berhasil menghancurkan blok apartemen Dnipro di Ukraina dan menewaskan seorang gadis berusia 9 tahun, bukan menghancurkan sebuah apartemen di New York dan menewaskan seorang gadis berusia 15 tahun seperti yang disebutkan pada narasi video.

Artikel asli milik Okezone

Selain itu, terdapat artikel milik CNBC Indonesia yang juga dibaca ulang oleh narator. Dalam artikel berjudul “Amerika Minta Warganya Segera Tinggalkan Rusia, Ada Apa?” yang telah diunggah pada 14 Februari 2023 itu tertulis bahwa pihak Amerika menyebut ada risiko penangkapan sewenang-wenang atau pelecehan oleh lembaga penegak hukum terhadap warganya yang sedang berada di Rusia.

Artikel asli milik CNBC Indonesia

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh channel YouTube JENDERAL merupakan konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://news.okezone.com/read/2023/01/16/18/2746940/serangan-rudal-rusia-hantam-apartemen-dnipro-30-orang-meninggal-dan-75-terluka
https://www.cnbcindonesia.com/news/20230214132625-4-413678/amerika-minta-warganya-segera-tinggalkan-rusia-ada-apa