[SALAH] Penampakan Kota Ghaib Saranjana Melalui Teropong

Informasi menyesatkan. Tampilan kota yang terlihat di balik kapal-kapal yang dilihat menggunakan teropong pada video tersebut merupakan negara Singapura. Hal tersebut terlihat dari bangunan ikonik Marina Bay Sands di negara tersebut.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

======

[SUMBER]: TIKTOK (https://archive.fo/ygOxE)

======

[NARASI]:

“Membalas heri Hati hati bang jangan asal pakai :persevere::persevere: takut gak bisa pulang :sob::persevere: #saranjana #kotasaranjana #mistis #horor

======

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Tiktok bernama teropong_doraemon mengunggah video yang menunjukkan sebuah kota yang dilihat menggunakan teropong jarak jauh dan diklaim merupakan kota ghaib Saranjana.

Berdasarkan penelusuran pada video berdurasi 34 detik tersebut, terlihat tampilan kota dengan bangunan gedung-gedung tinggi di seberang laut. Pada detik ke 24, terlihat bangunan ikonik Marina Bay Sands yang berada di negara Singapura.

Selain itu, berdasarkan penelusuran di Youtube, sebuah kanal bernama AR FunWorld mengunggah video yang memperlihatkan pengambilan gambar menggunakan kamera digital secara zoom ke arah Singapura dari Batam.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa video yang diunggah oleh akun Tiktok teropong_doraemon juga diambil dari Batam.

======

REFERENSI: