[SALAH] Video Persiapan Juru Tembak Untuk Eksekusi Ferdy Sambo CS

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah Unggahan video dengan klaim bahwa persiapan juru tembak untuk eksekusi mati Ferdy Sambo adalah konten yang menyesatkan. Faktanya, pada tanggal 13 Februari 2023 putusan atau vonis hukuman mati terhadap terdakwa Ferdy Sambo juga belum berkekuatan hukum tetap (inkracht). Artinya terdakwa Ferdy Sambo dan penasihat hukumnya masih memiliki upaya untuk mengajukan banding.

====

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

SUMBER: https://archive.cob.web.id/archive/1676291503.721419/singlefile.html

====

[NARASI]: โ€œPERSIAPAN PARA JURU TEMBAK MATI untuk eksekusi TEMBAK MATI FERDY SAMBO CS. Jelang eksekusi hukuman mati Ferdy Sambo cs.

====

[PENJELASAN]: Akun Tik Tok Archie Club Foundation (https://www.tiktok.com/@arastiansipayung) pada 14 Januari 2023 mengunggah sebuah video yang berisi sejumlah regu tembak yang sedang melakukan persiapan eksekusi mati . Dalam video dinarasikan bahwa latihan tersebut dilakukan dalam rangka persiapan eksekusi mati Ferdy Sambo.

Faktanya, hingga tanggal 13 Februari 2023 Hakim Wahyu Iman Santoso memvonis hukuman mati terhadap terdakwa Ferdy Sambo. Hakim menyatakan terdakwa Ferdy Sambo telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan dengan sengaja dan dengan rencana terlebih dahulu merampas nyawa orang lain. Hakim juga masih memberi kesempatan kepada Ferdy Sambo dan penasihat hukumnya untuk melakukan banding. Jadi vonis hukuman tersebut belum berkekuatan hukum tetap (inkracht).

Setelah melakukan penelusuran, video dalam unggahan tersebut merupakan konten yang pernah diunggah oleh kanal Youtube Official NET News (https://youtube.com/@OfficialNETNews) dalam acara NET 17 pada 2015 lalu. Video tersebut tidak ada kaitannya dengan eksekusi mati Ferdy Sambo. Melainkan persiapan eksekusi mati terpidana kasus narkoba oleh regu tembak di Nusakambangan.

====

[REFERENSI]:

https://youtu.be/R6hGxok0Vww