[SALAH] Penggunaan Henna Kuku untuk Bibir

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Aktivitas berbahaya. Penggunaan henna kuku untuk bibir tidak disarankan karena dapat menyebabkan alergi pada bibir.

==========
[KATEGORI]

Konten Menyesatkan

==========
[SUMBER]
https://archive.cob.web.id/archive/1676186838.659537/singlefile.html (TikTok)

=========
[NARASI]

“Cobain henna ke bibir temen”

=========
[PENJELASAN]

Sebuah akun TikTok membagikan video memakai henna kuku untuk bibir. Sejak diunggah bulan Mei 2022 video itu telah dilihat 15,6 juta pengguna TikTok. Faktanya, penggunaan henna kuku untuk bibir adalah tindakan berbahaya dapat menyebabkan alergi kulit.

Dilansir dari kompas.com, Dokter spesialis kulit dan kelamin di IORA Dermatology Clinic, dr. Edwin Tanihaha Sp.KK mengatakan pemakaian henna pada bibir tidak disarankan. Sebab bibir memiliki ketebalan lebih tipis dibandingkan kulit karena termasuk dalam kategori membran mukosa dan lebih sensitif.

Salah satu kasus alergi terhadap henna pernah dialami seorang anak laki-laki berusia 10 tahun dalam sebuah jurnal BMJ Case Report. Anak laki-laki itu menggunakan tato dengan henna pada kulit tangannya. Setelah pemakaian henna tersebut, reaksi yang ditimbulkan berupa rasa nyeri dan ruam di sepanjang garis tato.

Henna memang berbahaya untuk pemakai yang memiliki kulit sensitif. Penggunaan pada kulit tangan saja dapat menimbulkan alergi, apalagi digunakan pada bagian kulit bibir yang memiliki ketebalan lebih tipis.

Dengan demikian, video penggunaan henna kuku pada bibir tidak untuk ditiru. Informasi tersebut tergolong sebagai konten menyesatkan.

=========
[REFERENSI]

https://amp.kompas.com/tren/read/2022/12/01/143000465/viral-unggahan-menggunakan-henna-di-bibir-bolehkah-ini-kata-dokter

https://tirto.id/bahaya-di-balik-keindahan-henna-ckux?page=all#secondpage