[SALAH] Video Najwa Shihab Tampar Mulut Farhat Abbas dan Nikita Mirzani

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah Unggahan video dengan klaim Najwa tampar mulut Farhat Abbas dan Nikita Mirzani merupakan konten dengan koneksi yang salah yaitu judul tidak mendukung isi video. Faktanya Najwa Shihab sekalipun tidak pernah mengomentari isu perseteruan antara Bunda Corla dengan Nikita maupun dengan Farhat Abbas.

=========

[KATEGORI] Koneksi yang Salah

========

[NARASI]

“DIBIKIN MALU SIANG INI.! NAJWA SHIHAB TAMPAR MULUT FARHAT ABBAS & NIKMIR, BOS TV PASANG BADAN BUNDA CORLA ”

Sumber: Facebook https://archive.cob.web.id/archive/1676162836.091514/singlefile.html

==========

[PENJELASAN]

Akun Youtube Faktual TV (https://www.youtube.com/@faktualtv1987) pada tanggal 25 Januari 2023 mengunggah sebuah video yang tidak memiliki keterikatan antara judul dengan isi konten. Pemilik akun tersebut menuliskan judul Najwa Shihab tampar mulut Farhat Abbas dan Nikmir. Namun isi dalam unggahan tersebut nama Najwa Shihab sama sekali tidak disebut. Unggahan tersebut berisi potongan video dari beberapa “live” yang dilakukan Nikita Mirzani, Bunda Corla dan sumber-sumber lainnya.

Setelah dilakukan penelusuran, terdapat ketidaksesuaian antara judul dengan narasi yang diunggah. Dalam thumbnail dan judul video sendiri, Najwa Shihab menampar mulut Farhat Abbas dan Nikmir. Sedangkan dalam isi yang ditampilkan pada video tersebut sama sekali tidak menampilkan Najwa Shihab. Justru dalam unggahan video tersebut hanya berisi cuplikan-cuplikan video yang berasal dari Live, wawancara Nikita Mirzani dan Bunda Corla.

Bersumber dari aceh.tribunnews.com, beberapa waktu lalu Farhat Abbas laporkan Bunda Corla ke Polres Metro atas tuduhan pasal 27 ayat 1 UU ITE. Farhat Abbas menilai ucapan Bunda Corla tidak sesuai dengan Pancasila dan Norma yang berlaku di Indonesia. Farhat pun menyebutkan kalimat yang tidak pantas pernah disebutkan Bunda Corla di media sosial. Seperti k**l dan m*k. Selain itu Nikita Mirzani juga ancam laporkan Bunda Corla ke polisi jika tidak mengembalikan uang saweran sebesar 100 juta beberapa waktu lalu.

==========

[REFERENSI]

[1] https://aceh.tribunnews.com/amp/2023/02/01/farhat-abbas-laporkan-bunda-corla-kepolres-metro-sebut-ucapannya-tak-sesuai-pancasila

[2] https://vt.tiktok.com/ZS8Pw5M1x/