[SALAH] Kabar Penyanyi Iwan Fals Meninggal Dunia

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim bahwa Iwan Fals dikabarkan hembuskan nafas terakhir adalah konten yang tidak benar. Faktanya hingga kabar tersebut beredar, Iwan Fals masih aktif di media sosial. Bahkan akan menggelar konser pada 25 Februari mendatang.

====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

====

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1674562134.336922/singlefile.html

====

[NARASI]: “INNALILLAHI! IWAN FALS Dikabarkan Hembuskan Nafas Terakhir Tepat Pukul 13.41 WIB di Rumah Sakit”

====

[PENJELASAN]:

Akun Youtube Galeri Seleb (https://youtube.com/@GaleriSeleb) pada tanggal 8 Desember 2023 mengunggah sebuah video dengan keterangan bahwa penyanyi legendaris Iwan Fals telah menghembuskan nafas terakhir pukul 13.41 WIB. Namun narasi dan video dalam unggahan tersebut berisi bantahan dari kabar kematian yang sudah beredar.

Dalam unggahan video tersebut dijelaskan bahwa pada tahun 2012 lalu, berita serupa pernah ada. Namun dibantah langsung oleh Iwan Fals melalui akun Twitternya. Ia menjawabnya dengan menuliskan “Wah panjang umur dan rejeki berarti. Amiiiiin,”.

Terdapat ketidaksesuaian antara isi dengan judul video. Dalam thumbnail dan judul video sendiri, akun Galeri Seleb berisi kabar Iwan Fals yang meninggal dunia. Sedangkan dalam isi dan narasi yang ditampilkan pada video tersebut malah membantah kabar yang tertera di bagian judul tersebut.

Melalui akun instagramnya, hingga kini Iwan Fals diketahui masih aktif. Bahkan ia akan menggelar konser bertajuk Petisi Cinta: Manusia Setengah Dewa pada tanggal 25 Februari mendatang

[REFERENSI]
[1] https://www.instagram.com/p/Cnqz7uDyE2s/?igshid=YmMyMTA2M2Y=
[2] https://fame.grid.id/read/462885060/inalillahi-diduga-kena-serangan-jantung-iwan-fals-dikabarkan-meninggal-dunia-begini-faktanya