[SALAH] “CAK NUN SEBUT JOKOWI SEPERTI FIR’AUN KARENA DISURUH”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi yang menyesatkan. Faktanya, dalam videonya Cak Nun mengaku dia kesambet dan hal itu di luar rencana sebelumnya, dengan demikian klaim Cak Nun sebut Jokowi Fir’aun karena disuruh adalah hoaks.

=====

[KATEGORI] KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER] TWITTER
https://web.archive.org/web/20230122041527/https://twitter.com/AgustiHilary/status/1615911924226756610?t=ird4RRxEyJkHpXGmDvvvGQ&s=19

=====

[NARASI]
Cak Nun aja udah minta maaf Cuma buzzeRP Anies berusaha menyerang orang yang mengingatkan Cak Nun. Beginikah seharusnya?

=====

[PENJELASAN]
Sebuah akun Twitter dengan nama pengguna “AgustiHilary” mengunggah gambar dengan klaim Cak Nun sebut Jokowi seperti Fir’aun karena disuruh.

Setelah melakukan penelusuran, melansir dari antaranews.com, melalui video klarifikasinya yang diunggah di akun Youtube milik Cak Nun pribadi. Cak Nun mengaku saat itu dia sedang kesambet dan hal itu diluar rencana sebelumnya.

Selain itu, tidak terdapat pula informasi valid yang menyatakan Cak Nun disuruh sebut Jokowi seperti Fir’aun. Dengan demikian klaim Cak Nun sebut Jokowi Fir’aun karena disuruh merupakan hoaks dengan kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]
https://m.antaranews.com/berita/3360126/hoaks-cak-nun-sebut-jokowi-firaun-adalah-perintah-anies-baswedan
https://youtu.be/jxLL3hNkQSE