[SALAH] Lukas Enembe Seret SBY Dan Ketum Demokrat

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani.

Informasi tersebut tidak benar. Tidak ditemukan pernyataan bahwa Lukas Enembe seret SBY dan Ketum Demokrat dalam kasus suap pembangunan infrastruktur di Papua.

=========
[KATEGORI]

Konten Menyesatkan

=======
[NARASI]

“tak mau di penjara sendirian Lukas Enembe seret SBY hingga AHY.”

Sumber: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1674604906.309181/singlefile.html

===========
[PENJELASAN]

Beredar sebuah video Facebook yang mengklaim Gubernur Papua Lukas Enembe seret SBY dan AHY ketua umum Demokrat dalam kasus suap di Papua. Gambar pratinjau video memperlihatkan foto SBY bersama beberapa polisi. Pengunggah menuliskan keterangan foto  “tak mau di penjara sendirian Lukas Enembe seret SBY hingga AHY.”

Narasi dalam video tersebut dikutip dari beberapa sumber berbeda di antaranya Tempo.coKompas.tv dan seword.com yang merupakan media opini terbuka. Video menjelaskan tentang harta kekayaan yang dimiliki Lukas Enembe dan citra Partai Demokrat menjadi buruk akibat kadernya korupsi.

Tidak ditemukan pernyataan bahwa Lukas Enembe menyeret SBY dan AHY sebagai pihak yang terlibat dalam kasus suap ini. Setelah ditelusuri, foto SBY dalam gambar pratinjau merupakan foto SBY saat sesi wawancara pada pemakaman Ani Yudhoyono Juni 2019 lalu.

Dengan demikian, video unggahan Facebook yang mengklaim Lukas Enembe seret SBY dan AHY dalam kasus korupsi di Papua adalah hoaks kategori konten menyesatkan.

========
[REFERENSI]

https://nasional.tempo.co/read/1678151/diciduk-kpk-lukas-enembe-punya-kekayaan-rp-337-miliar

https://www.kompas.tv/article/333836/misteri-sumber-kekayaan-lukas-enembe-maki-bukan-dari-tambang-emas

https://seword.com/politik/eh-ada-kader-demokrat-yang-ditangkap-kpk-lagi-BLJmPeNH2Y

https://seword.com/politik/image-negatif-calon-trio-partai-pengusung-bapak-BAqMDemokrathttps://tirto.id/pemakaman-ani-yudhoyono-ahy-we-will-forever-miss-you-d9rq