[SALAH] Video Ibu Norma Risma Diusir Warga

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Video pengusiran Ibu Norma Risma dari rumah adalah salah. Faktanya, video itu adalah pengusiran wanita yang mempunyai 2 suami di Cianjur.

=========
[KATEGORI]
Konten dimanipulasi

========
[NARASI]

“Hari Ini! Norma Risma Dan Warga Us1r Ibu Norma Dari Rumah Warga Em0si, Menantu Sel1ngkuh Ibu M3rtua”

Sumber : Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1673184650.362674/singlefile.html

==========
[PENJELASAN]

Beredar video dengan klaim ibu Norma Risma, dalam isu perselingkuhan mertua dan menantu diusir oleh warga dari rumahnya. Video itu memperlihatkan warga sedang riuh meneriaki seorang wanita yang keluar dari rumah. Faktanya, wanita dalam video tersebut bukan ibu Norma Risma.

Setelah dilakukan penelusuran di Youtube, video tersebut adalah video pengusiran wanita yang punya 2 suami di Kabupaten Cianjur.  Video tersebut diunggah oleh akun Youtube Tribun Medan TV pada 9 Juni 2022.

Gambar pratinjau dalam video merupakan hasil editan, dari beberapa foto. Dilansir dari Tvonenews.com, foto warga yang tengah berkerumun merupakan penolakan warga Ciwaru terhadap satu keluarga pelaku KDRT. Dengan demikian, video ibu Norma Risma diusir warga dari rumah adalah hoaks kategori konten yang dimanipulasi.

========
[REFERENSI]
https://youtu.be/T_K-o5Zk_2k

https://www.tvonenews.com/berita/13504-dianggap-meresahkan-satu-keluarga-di-kabupaten-bandung-diusir-paksa-oleh-ratusan-warga