[SALAH] Foto Anak SD Di Purwakarta Main Lato-Lato Hingga Bola Mata Pecah, Mata Buta Sebelah

Hasil Periksa fakta Dyah Febriyani

Informasi tidak benar. Berdasarkan keterangan Lurah Sokanegara, tidak ada warganya yang mengalami kebutaan akibat lato-lato. Foto yang beredar belum diketahui sumber aslinya.

==========
[KATEGORI]
Konten Menyesatkan

=========
[NARASI]

” Assalamu’alaikum teman2…mau saling mengingatkan yg pada punya anak main lato-lato di awasin yaa…Ini anak Jalan Gereja Sokanegara SD kelas 3 main lato-lato kena bola mata pecah akhirnya di angkat dan mata buta sebelah”

Sumber : Whatsapp

============
[PENJELASAN]

Beredar story whatsapp menampilkan foto seorang anak berbaring dengan kondisi mata sebelah kanan tertutup perban. Pengunggah mengklaim anak dalam foto mengalami kebutaan akibat bermain lato-lato.

Berdasarkan penelusuran, ternyata foto tersebut adalah hoaks. Dilansir dari Tribunnews.com, Lurah Sokanegara Khalimah Miskia, telah mendatangi SDN Sokanegara 1 dan SDN Sokanegara untuk memastikan kebenaran foto yang beredar. Hasilnya tidak ditemukan anak SD yang diklaim mengalami kebutaan akibat lato-lato.

Terkait foto anak tengah berbaring dengan kondisi mata ditutup sebelah, belum ada infomasi yang pasti tentang kronologi hingga lokasi kejadian.

========
[REFERENSI]

https://jateng.tribunnews.com/2023/01/09/hoax-bocah-kelas-3-sd-di-banyumas-bola-mata-pecah-akibat-permainan-lato-lato-ini-kata-bu-lurah

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/01/10/193000982/klarifikasi-tidak-ada-siswa-sd-di-sokanegara-yang-buta-akibat-lato-lato