[SALAH] Polisi Temukan Benda Tak Terduga di Kamar Ibu Eny Ibunda Tiko

Hasil periksa fakta Pandan Wangi Sukma Listyono Putri

Video dengan klaim penemuan benda di kamar Ibu Eny yang mengakibatkan tangis Tiko selaku anak angkatnya pecah adalah konten yang menyesatkan di mana judul atau keterangan tidak mendukung isi video.

=========
[KATEGORI]
Koneksi yang Salah

========
[NARASI]
“Semua tak menyangka !! Polisi berhasil temukan ini dikamar ibu eny, tangisan tiko pecah”

Sumber: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1673678205.720334/singlefile.html

==========
[PENJELASAN]

Pada 10 Januari 2023 akun facebook dengan nama Just Smile mengunggah sebuah video yang mengklaim bahwa pihak kepolisian menemukan sebuah benda di kamar Ibu Eny, seorang ODGJ viral yang dirawat seorang diri oleh anaknya di sebuah rumah mewah tanpa listrik. Hingga mengakibatkan anaknya yang bernama Tiko menangis setelah mengetahui benda yang disimpan oleh ibunya tersebut.

Namun isi dan narasi yang disampaikan di dalam video tersebut justru tidak memiliki kesesuaian dengan judul yang dituliskan. Narasi video tersebut justru membahas perihal sikap Tiko mengenai statusnya sebagai anak angkat Ibu Eny dan bagaimana reaksi keluarga besar Herman Muji selaku ayah Tiko yang telah meninggalkannya bersama ibunya.

Setelah dilakukan penelusuran, video-video yang ditayangkan di dalam unggahan tersebut pun hanyalah cuplikan wawancara Tiko bersama dengan youtuber-youtuber Indonesia salah satunya Bang Brew Tv yang diunggah pada 23 Desember 2022 di mana dalam konten sama sekali tidak membahas perihal barang yang ditemukan di kamar bu Eny.

=========
[REFERENSI]
https://youtu.be/PuvDs4K9tL8

tema: others, alat: mixed, sc: FB, tc: others, fu: fc, bukti: video, scope: domestic, actor: warga