[SALAH] Foto “Woow elon pun nambang koin pi Network juga”

Foto editan dari foto asli yang menunjukkan Elon Musk mengenakan baju polos tanpa logo apapun.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Dimanipulasi
===========================================

Akun Facebook Dimas (fb.com/100014063671563) pada 13 Januari 2023 mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan Elon Musk yang tampak mengenakan baju kaos dengan logo Pi Network ke grup PI NETWORK INDONESIA dengan narasi sebagai berikut:

“Woow elon pun nambang koin pi Network juga”

Sumber: archive.ph/cxzwx (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya foto Elon Musk yang mengenakan baju kaos dengan logo Pi Network merupakan konten yang dimanipulasi.

Faktanya, foto itu merupakan foto editan dari foto asli yang menunjukkan Elon Musk mengenakan baju polos tanpa logo apapun.

Melalui penelusuran Google Image Search terhadap foto yang diunggah oleh sumber klaim, ditemukan foto identik yang salah satunya diunggah di artikel berjudul “¿Elon Musk busca un “tonto” que lo reemplace en la dirección de Twitter?” yang terbit di situs elcolombiano.com pada 20 Desember 2022.

Foto tersebut merupakan potongan dari video ketika Elon Musk menjadi pembicara di sesi diskusi proyek barunya menggali terowongan di bawah LA, yang terbaru dari Tesla dan SpaceX dan motivasinya untuk membangun masa depan di Mars dalam percakapan dengan Kepala Kurator TED, Chris Anderson.

REFERENSI
https://www.elcolombiano.com/tecnologia/elon-musk-busca-un-tonto-para-que-lo-reemplace-en-la-direccion-de-twitter-LJ19677059
https://www.ted.com/talks/elon_musk_the_future_we_re_building_and_boring/

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo