[SALAH] Video “Siswa SMA dansa buah karya Mendikbud dan Menag”

BUKAN siswa-siswi di Indonesia. Siswa-siswi yang berdansa di video itu adalah siswa-siswi Escola Secundária Geral 01 Baucau, Timor Leste atau yang dikenal sebagai SMA 1 Baucau Timor Leste.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Akun Facebook TV BANDA ELY (fb.com/100065114347832) pada 13 Januari 2023 mengunggah sebuah video yang memperlihatkan siswa-siswi yang sedang berdansa dengan narasi:

“Hallo…p Mendikbud dan Menag apa kabar,.. (?) inikah buah karya kalian”

Sumber: archive.ph/G55Nf (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang memperlihatkan siswa-siswi yang sedang berdansa dengan klaim bahwa hal tersebut merupakan buah karya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) dan Menteri Agama (Menag) merupakan klaim yang menyesatkan.

Faktanya, bukan siswa-siswi di Indonesia. Siswa-siswi yang berdansa di video itu adalah siswa-siswi Escola Secundária Geral 01 Baucau, Timor Leste atau yang dikenal sebagai SMA 1 Baucau Timor Leste.

Dari hasil penelusuran menggunakan Google Images Search dengan potongan video yang diunggah oleh sumber klaim, ditemukan video yang sama, diunggah oleh akun TikTok lianlaek (tiktok.com/@lianlaek) pada 6 Juli 2022.

Berdasarkan salah satu netizen yang memberikan komentar “SMA 1 Bcu nih boss” di unggahan tersebut, ditemukan hasil pencarian di Google yang mengarah ke sebuah sekolah bernama Escola Secundária Geral 01 Baucau.

Di fitur Google Map, salah satu kontributor dengan nama akun Toto Katonies yang mengunjungi sekolah ini 4 tahun yang lalu, menulis “sekarang nama sekolahnya ESCOLA SECUNDÁRIA GERAL NO.1 BAUCAU Tapi sampai saat ini lebih akrab dipanggil SMA 1 BAUKAU”. Kontibutor lainnya dengan nama akun antonius lagatukan menulis “Alumni sma n 1 baucau..”.

Dari keterangan ini, ditemukan sebuah video yang diunggah di kanal Youtube Leonel Job berjudul “Perpisahan SMA 01 Baucau. Timor- Leste 2018” yang diunggah pada 12 Desember 2018. Di detik ke 38 video ini, terdapat foto beberapa murid yang seragam dan logo di bahu kanannya identik dengan yang ada di video yang diunggah oleh sumber klaim.

Beberapa hasil temuan ini menguatkan bukti bahwa klaim yang disertakan sumber klaim adalah konten yang menyesatkan.

REFERENSI
https://www.tiktok.com/@lianlaek/video/7117131840862883074 (Arsip: https://archive.ph/dtqZe)
https://bit.ly/pencarian_sma1baucau
https://www.youtube.com/watch?v=1T_6NPUSsFw (Arsip: https://archive.ph/uBd2j)

About Adi 1409 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo