[SALAH] Video 8 Partai Politik Siapkan Cawapres Anies

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Thumbnail pada postingan Facebook tidak sesuai dengan video. Faktanya, 8 partai politik yang ada dalam video membahas terkait penolakan wacana Pemilu menggunakan metode proporsional tertutup.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =
KATEGORI: Koneksi yang Salah

= = = = =
SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1673592805.555767/singlefile.html

= = = = =
NARASI:
“PDIP Kejang-kejang…
8 PARTAI BERSATU
5 TOKOH KUAT SIAPKAN JADI CAWAPRES ANIES”

= = = = =
PENJELASAN:
Akun Kurma membagikan video di Facebook pada 11 Januari 2023 pukul 19.05. Dalam video berdurasi 9 menit 26 detik menampilkan thumbnail yang bernarasi 8 partai bersatu untuk menyiapkan 5 tokoh yang menjadi cawapres Anies. Nampak parpol Partai Nasdem, Golkar, Gerindra, PKB, Demokrat, PAN, PKS dan PPP dalam video yang bergantian berpidato.

Setelah ditelusuri tentang 8 partai tersebut didapatkan video yang identik dengan video di Facebook pada kanal Youtube KOMPASTV 8 Januari 2023 berjudul “[BREAKING NEWS] Ada 8 Parpol Parlemen Tolak Usulan Pemilu Proporsional Tertutup”. Video pada Facebook merupakan video yang dipotong menjadi beberapa video lalu disatukan kembali dengan urutan yang berbeda dan ditambahi dengan video yang tidak berhubungan, hal tersebut dilihat urutan perwakilan partai saat berbicara. Video yang asli membahas 8 partai politik menolak wacana Pemilu menggunakan metode proporsional tertutup yang diusulkan PDI-P. Tidak ada pembahasan mengenai cawapres yang akan mendampingi Anies dalam pertemuan 8 partai politik yang dilaksanakan di Hotel Dharmawangsa pada 8 Januari 2023.

Dengan demikian thumbnail pada postingan Facebook tidak sesuai dengan video. Dalam video asli tidak ada pembahasan mengenai hal tersebut. Video asli membahas mengenai 8 partai politik menolak wacana Pemilu menggunakan metode proporsional tertutup, sehingga masuk dalam kategori koneksi yang salah.

REFERENSI:
https://www.youtube.com/watch?v=cQAHKbzThKM
https://nasional.kompas.com/read/2023/01/08/14193351/8-partai-politik-tolak-pemilu-proporsional-tertutup