[SALAH] Video Pemain Argentina Merayakan Kemenangan Dengan Bersholawat

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Klaim tersebut salah, faktanya video yang dibagikan tersebut merupakan video perayaan kemenangan Argentina atas Meksiko oleh pemain Argentina pada fase grup Piala Dunia Qatar 2022. Suara bersholawat tersebut telah disunting yang diambil dari video lain. Selengkapnya di bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =

Sumber: YouTube

https://perma.cc/KQ2Q-LN3F

= = =

Narasi:

“Pemain Argentina Bersholawat Merayakan Kemenangan #shorts #worldcup2022 #sholawat #messi”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah video di Youtube yang menunjukkan sekumpulan pemain Argentina tengah merayakan kemenangan dengan melakukan selebrasi di ruang ganti, dalam video tersebut juga menunjukkan suara yang sedang beramai-ramai melantunkan sholawat.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, video tersebut merupakan video perayaan yang dilakukan oleh pemain Argentina atas kemenangannya melawan Meksiko pada fase grup Piala Dunia Qatar 2022. Hasil penelusuran oleh Kompas menunjukkan bahwa pada video asli tidak terdapat suara bersholawat, melainkan para pemain Argentina bernyanyi dalam bahasa Spanyol.

Dengan demikian, Video Pemain Argentina Merayakan Kemenangan Dengan Bersholawat merupakan hoax dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

= = =

Referensi:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/12/17/150500282/-hoaks-pemain-argentina-rayakan-kemenangan-dengan-berselawat

===

Editor: Bentang Febrylian