[SALAH] WAKIL PRESIDEN MA’RUF AMIN UCAPKAN SELAMAT NATAL DAN TAHUN BARU MENGENAKAN KOSTUM SINTERKLAS

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya video Ma’ruf Amin mengenakan kostum sinterklas adalah editan. Dalam video asli Ma’ruf Amin mengenakan kemeja putih dengan jas hitam dan sorban putih serta lengkap dengan peci.

====

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1672200437.538337/singlefile.html

[NARASI]: Badut apa ondel2 nich yakk..:no_mouth::no_mouth:

====

[PENJELASAN]
Akun twitter bernama @NoveridaD mengunggah sebuah video yang menampilkan sosok Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengucapkan selamat natal dan tahun baru mengenakan kostum sinterklas. Dalam cuitan tersebut juga terdapat narasi yang bertuliskan badut apa ondel-ondel nih yak.

Setelah dilakukan penelusuran, memang benar Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengucapkan selamat natal dan tahun baru, namun dalam video aslinya Ma’ruf Amin mengenakan kemeja putih dengan jas hitam dan sorban putih serta lengkap dengan peci.

Video tersebut merupakan video ucapan selamat hari raya natal 2018 dan tahun baru 2019 silam. Video asli juga diunggah oleh channel youtube Bang Den pada 26 Desember 2018 dengan judul “Video KH Maruf Amin Mengucapkan Selamat Natal”.

Hoax yang sama pernah beredar pada tahun 2021. turnbackhoax.id telah melakukan pengecekan fakta dengan judul artikel “[SALAH] Video Ma’ruf Amin Mengucapkan Selamat Natal dengan Mengenakan Kostum Sinterklas”, sehingga dapat dipastikan bahwa kabar itu hoax dan termasuk konten yang dimanipulasi.

Referensi:
https://turnbackhoax.id/2021/12/23/salah-video-maruf-amin-mengucapkan-selamat-natal-dengan-mengenakan-kostum-sinterklas/

https://news.detik.com/berita/d-4359684/tkd-bogor-laporkan-penyebar-video-editan-maruf-pakai-baju-sinterklas