[SALAH] Giveaway Soimah 1-5 juta

Hasil periksa fakta Ari Dwi Prasetyo.

Faktanya, melalui akun Instagram resmi Soimah menegaskan bahwa tidak ada give away yang dilakukan pada akun media sosial manapun.

======
[KATEGORI]: KONTEN TIRUAN

======

[SUMBER]: Facebook

https://archive.cob.web.id/archive/1668687055.364115/singlefile.html

======
[NARASI]:
” YANG BISA MENEBAK DENGAN BENAR ANGKA YG ADA DI GAMBAR AKAN SAYA TRANSFER 1-5 JT”

======
[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video siaran langsung Soimah yang dibagikan pada akun Facebook β€œπ’π¨π’π¦πšπ‘ π‹πˆπ•π„β€ pada 17 November 2022. Siaran langsung tersebut memperlihatkan 2 sisi layar ketika Soimah sedang makan dengan layar di sebelahnya merupakan angka yang akan digunakan sebagai bahan tebakan penonton untuk mendapatkan hadiah.
Namun setelah ditelusuri giveaway tersebut palsu. Soimah melalui akun Instagramnya menegaskan bahwa dirinya tidak pernah membuat giveaway semacam ini di media sosial manapun.
β€œHalo gaes, jangan mudah percaya kalo ada akun abal2 yg meng atas namakan saya, sy gak pernah bikin2 give away apalagi yg katanya live, kebetulan saudara sy dan teman sy iseng2 mantau dan kroscek ke saya, heii … akun goblok, jgn menjadi penipu pake nama orang ya, nanti kamu bakalan kena karma di tipu sama orang lho, untuk teman2 yg budiman sekali jgn pernah percaya, seumur hidup sy gak pernah bikin2 gituan di media manapun, jd kalo ada akun atas nama sy bikin give away, itu jelas palsuuu, karna sy sdh meng informasikan ini, jadi kalo ada apa2 tanggung sendiri resikonya ya” tulis Soimah di unggahannya di Instagram pada 28 Desember 2020.

Selain itu sumber serupa juga pernah dibahas oleh turnbackhoax.id dengan judul β€œ[SALAH] β€œAkun Facebook Soimah berbagi berkah” pada 07 November 2022.

Berdasarkan hasil penelusuran tersebut, Giveaway Soimah 1-5 juta adalah hoaks dan masuk kategori konten tiruan.

======
REFERENSI:
https://www.instagram.com/p/CJVMGCwrpwC/
https://turnbackhoax.id/2022/11/07/salah-akun-facebook-soimah-berbagi-berkah/