[SALAH] “Akun Facebook Soimah berbagi berkah”

Akun palsu. Melalui akun instagram resmi Soimah menegaskan bahwa tidak ada give away yang dilakukan pada akun media sosial manapun.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

===========================================
Kategori: Konten Tiruan
===========================================

Akun Facebook S̲o̲i̲m̲a̲h̲ ̲b̲e̲r̲b̲a̲g̲i̲ ̲b̲e̲r̲k̲a̲h̲ (fb.com/100087513911532) melakukan siaran langsung dengan konten kegiatan bagi-bagi hadiah oleh artis Soimah Pancawati dengan narasi sebagai berikut:

“YANG BISA MENEBAK DENGAN BENAR ANGKA YG ADA DI GAMBAR AKAN SAYA TRANSFER 7-20 JT.”

Sumber: archive.ph/A1LS7 (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya akun Facebook S̲o̲i̲m̲a̲h̲ ̲b̲e̲r̲b̲a̲g̲i̲ ̲b̲e̲r̲k̲a̲h̲ yang melakukan siaran langsung giveaway dengan menggunakan video milik artis Soimah Pancawati merupakan konten tiruan.

Faktanya, akun itu merupakan akun palsu. Melalui akun instagram resmi Soimah menegaskan bahwa tidak ada give away yang dilakukan pada akun media sosial manapun.

Berdasarkan hasil penelusuran, konten seperti ini pernah diperiksa faktanya melalui artikel berjudul “[SALAH] Giveaway Soimah 2 juta untuk 350 orang” yang terbit di situs turnbackhoax.id pada 15 Januari 2022.

Dilansir dari artikel ini, melalui akun instagram resmi @showimah, dirinya membantah mengadakan give away berupa uang tunai puluhan juta rupiah.

“Untuk teman2 yg budiman sekali jgn pernah percaya, seumur hidup sy gak pernah bikin2 gituan di media manapun, jd kalo ada akun atas nama sy bikin give away, itu jelas palsuuu, karna sy sdh meng informasikan ini, jadi kalo ada apa2 tanggung sendiri resikonya ya” tulis Soimah dalam postingan Instagramnya.

REFERENSI
https://www.instagram.com/p/CJVMGCwrpwC/
https://turnbackhoax.id/2022/01/15/salah-giveaway-soimah-2-juta-untuk-350-orang/

About Adi 1394 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo