[SALAH] Petir Menyambar Candi Borobudur

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan

Tidak menyambar Candi Borbobudur, melainkan wilayah lain yang berlokasi di belakang Candi, serta tidak terdapat kerusakan. Candi Borobudur sudah dipasang penangkal petir di atas stupa induk Candi Borobudur.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
=================
Konten: Konteks yang salah

Beredar sebuah postingan video oleh akun TikTok “wiji_aja_jangan_yadi” pada 11 Oktober 2022. Postingan tersebut memperlihatkan kilatan petir yang menyambar Candi Borobudur dengan narasi sebagai berikut:

NARASI:
Pertanda apa ini gaes?

Sumber: TikTok https://archive.ph/Dn2yB Arsip
=================

PENJELASAN:
Berdasarkan hasil penelusuran, petir tersebut tidak menyambar pada Candi Borobudur. Dilansir dari detik.com, Kepala Balai Konservasi Borobudur (BKB) Wiwit Kasiyati mengaku kaget dengan adanya berita tersebut. Kekagetannya karena di grup tidak ada kejadian tersebut.

“Kami pun kaget, kemarin ada berita tersebut. Semalam baru menghadiri acara yang di Aksobya, teman-teman satpam pun juga di grup menyatakan nggak ada, nggak nyamber,” kata Wiwit saat dihubungi, Selasa (11/10/2022).

Disebutnya, Candi Borobudur sudah dipasang penangkal petir. Penangkal petir tersebut dipasang di atas stupa induk Candi Borobudur.

“Ada penangkal petirnya. Kalau kena (Candi Borobudur) nggak benar, tapi kalau memang ada petir malam Minggu, kalau memang benar ya itu posisinya jauh di belakang candi. Kalau dilihat dari ini dia (perekam video) ngambil gambar dari concourse sekitar situ. Jadi itu ada di belakang candi, nggak tahu di desa mana kejadiannya,” tuturnya.

Dengan demikian, Candi Borobudur yang tersambar petir adalah salah, petir tersebut menyambar wilayah lain yang lokasinya berada di belakang candi, sehingga masuk ke dalam kategori konteks yang salah.



REFERENSI: https://m.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-viral-video-puncak-candi-borobudur-tersambar-petir-begini-faktanya.html

https://www.detik.com/jateng/berita/d-6341126/beredar-video-petir-sambar-candi-borobudur-begini-faktanya

EDITOR: Adi Syafitrah