[SALAH] Maulid Nabi di Rusia dihadiri jutaan orang

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan.

Bukan di Rusia melainkan perayaan Maulid Nabi di Yaman pada tahun 2021.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
================
Konten: Konteks yang salah

Beredar sebuah postingan oleh akun TikTok “negri_dagelan” pada 8 Oktober 2022. Video tersebut memperlihatkan jutaan orang yang sedang mengadakan Maulid Nabi dengan iringan sholawat. Dalam keterangannya momen perayaan tersebut diklaim dilakukan di Rusia.


Sumber: TikTok https://archive.ph/gC9vj Arsip
================

PENJELASAN:
Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut memang terkait dengan perayaan Maulid Nabi, namun bukan dilakukan di Rusia melainkan di Yaman. Video tersebut pernah diunggah pada tahun 2021 lalu.

Dilansir dari Kompas.com, dijelaskan bahwa ribuan penduduk Yaman merayakan Maulid Nabi meskipun di sana terjadi perang yang telah menelan ribuan korban jiwa. Penduduk Yaman masih sempat merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad.

Dilansir dari media Yaman SABA.YE, saat peringatan Maulid Nabi pada 2021 lalu, Ibu kota Sana’a dan provinsi lain menyala hijau di malam hari, saat orang-orang Yaman merayakan hari suci umat Islam tersebut.

Dengan demikian, perayaan Maulid Nabi yang dilakukan di Rusia adalah salah, sehingga masuk ke dalam kategori konteks yang salah.

REFERENSI:
https://www.saba.ye/en/news3161656.htm
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/10/08/163738482/hoaks-video-perayaan-maulid-nabi-di-rusia?page=all
https://cekfakta.tempo.co/fakta/1969/keliru-video-rusia-mengadakan-perayaan-maulid-nabi-muhammad-sawhttps://www.youtube.com/watch?v=dQQnvDuiKq8

EDITOR: Adi Syafitrah