[SALAH] Seorang Jenazah Di Kediri Jawa Timur Tidak Ada Rombongan Tetangga Yang Mau Melayat

Hasil periksa fakta Ari Dwi Prasetyo.

Klaim tersebut salah, faktanya banyak warga desa atau tetangga ikut melayat almarhum. Tidak hanya itu, banyak tetangga juga ikut membantu proses pemakaman, mulai dari memandikan jenazah dan menguburkan
= = =
Kategori: Konten yang Menyesatkan
= = =

Sumber: Twitter
https://archive.cob.web.id/archive/1664334337.238036/singlefile.html
= = =
Narasi:
“Viral seorang jenazah di kediri jawa timur tidak ada rombongan tetangga yg mau nganterin ke kuburan (makom) menurut sumber pemilik vidio bahwa kabar meninggalnya jenazah tersebut sudah di umumkan tpi tetangga tidak ada yg datang sehingga para perangkat desa yg turun tangan ia”
= = =
Penjelasan:
Beredar sebuah informasi di Twitter pada 21 Sep 2022 berupa video mengenai seorang jenazah yang diklaim tidak ada warga yang mau mengantarkan ke kuburan sehingga jenazah tersebut harus diantarkan para perangkat desa di daerah Kediri, Jawa Timur.

Setelah ditelusuri, kejadian tersebut terjadi di Desa Kedak, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri. Peristiwa sesungguhnya ialah terdapat warga desa Kedak yang bernama Supartono meninggal dunia. Karena hampir seluruh pihak keluarga Supartono mengalami keterbatasan ekonomi dan kesehatan (keterbelakangan mental) membuat perangkat desa turun tangan untuk membantu pemakaman. Meskipun begitu banyak juga warga desa atau tetangga ikut melayat almarhum. Tidak hanya itu, banyak tetangga juga ikut membantu proses pemakaman, mulai dari memandikan jenazah dan menguburkan.
“Kebetulan saya juga tetangganya. Saat mendengar beliau meninggal, saya langsung mengajak perangkat desa untuk pemakaman. Karena tidak mungkin keluarga melakukannya, karena keterbatasan tadi,” ujar Kepala Desa Kedak Sunarti.

Dengan demikian, klaim Seorang Jenazah Di Kediri Jawa Timur Tidak Ada Rombongan Tetangga Yang Mau Melayat merupakan hoaks dengan kategori Konten yang Menyesatkan.
= = =
Referensi:

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/429436/viral-video-pemakaman-tanpa-pelayat-di-desa-kedak-ini-faktanya