[SALAH] Perhelatan Puncak Balapan Formula E Sepi Penonton

Hasil Periksa Fakta Novita Kusuma Wardhani. Informasi tersebut salah. Faktanya, melansir dari jakarta.tribunnews.com, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan bahwa berdasarkan laporan yang diterimanya, jumlah penonton Formula E yang digelar pada tanggal 4 Juli 2022 lalu mencapai sekitar 60.000 orang.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

===

Kategori: Konteks yang Salah

===

Sumber: Facebook
archive.ph/QCioF

===

Narasi:

“Ini penonton kok sepi, padahal ini ajang bergengsi Lo,” tulis akun Facebook Erikprayogi Erikprayogi.

===

Penjelasan:
Beberapa waktu lalu sempat beredar sebuah video yang diunggah oleh salah satu akun Facebook bernama Erikprayogi Erikprayogi terkait sepinya penonton pada ajang perhelatan puncak balapan Formula E yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 4 Juni 2022 lalu.

Namun melansir dari oto.detik.com, pada saat dilaksanakannya puncak balapan Formula E, tribun 2G, 2E, dan 2F, atau kursi warna-warni yang menjadi tempat duduk penonton terisi penuh dan hanya segelintir kursi saja yang kosong. Namun kursi kosong tersebut pun terisi oleh beberapa orang yang terus berdatangan ketika balapan sudah berjalan lebih dari 10 menit.

Melansir dari jakarta.tribunnews.com, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan bahwa berdasarkan laporan yang terimanya, jumlah penonton Formula E yang digelar pada tanggal 4 Juli 2022 lalu mencapai sekitar 60.000 orang. 20 ribu orang diantaranya berada di dalam sirkuit, dan 40 ribu orang diantaranya menonton perhelatan tersebut melalui layar besar yang disediakan di sekitar wilayah Ancol.

Selain itu, melansir dari akun Youtube ABB Formula E, Video yang beredar tersebut bukanlah video yang diambil pada saat dilaksanakannya puncak balapan Formula E, tetapi video tersebut merupakan video yang diambil pada saat dilaksanakannya Free Practice 1 sebelum dilaksanakannya puncak balapan Formula E.

Berdasarkan pada seluruh referensi, informasi terkait perhelatan puncak balapan Formula E sepi penonton ialah informasi salah dan masuk ke dalam kategori konteks yan salah.

Referensi:
https://jakarta.tribunnews.com/2022/06/06/penonton-formula-e-diklaim-capai-60-ribu-orang-anies-terkesan-animo-masyarakat-sukses-dan-lancar
https://oto.detik.com/otosport/d-6110374/tribun-penonton-formula-e-full-penonton-girang-lihat-mobil-balap-listrik

Penulis: Novita Kusuma Wardhani
Editor: Dedy Helsyanto