[SALAH] Nonton Gratis Pertandingan Sepakbola Antara Persib Bandung dan Bali United di Stadion GBLA

Hasil Periksa Fakta Novita Kusuma Wardhani. Informasi tersebut salah. Faktanya, Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar menyatakan bahwa informasi terkait diadakannya nonton gratis pertandingan sepakbola antara Persib Bandung dan Bali United di Stadion GBLA adalah informasi salah atau hoax.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

===

Kategori: Konten Palsu

===

Sumber: WhatsApp

===

Narasi:

“Untuk minggu datang ke stadion aja. Pintu masuk semua tribun pasti di buka. Itu intruksi dari WA haji umuh pada rapat sore tadi. Jadi kita trobos semua. WA haji umuh koreinasi dengan polres dan polda biar pintu masuk di buka semua tanpa tiket”.

===

Penjelasan:

Beberapa waktu lalu sempat beredar sebuah informasi terkait diadakannya nonton gratis pertandingan sepakbola antara Persib Bandung dan Bali United yang diselenggarakan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Namun melansir dari tribunnews.com, Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar menyatakan bahwa informasi terkait diadakannya nonton gratis pertandingan sepakbola antara Persib Bandung dan Bali United di Stadion GBLA adalah informasi salah atau hoax. Umuh Muchtar juga menyatakan bahwa pihaknya telah mencari oknum yang menyebarkan informasi hoax tersebut untuk dimintai pertanggungjawaban atas hal yang dilakukannya, dan hal tersebut bertujuan agar penyebaran informasi hoax seperti itu tidak terulang kembali.

Selain itu, melansir dari pikiran-rakyat.com, panitia penyelenggara pertandingan sepakbola antara Persib Bandung dan Bali United juga menyatakan bahwa pihak penyelenggara telah menyediakan 15 ribu tiket yang bisa dibeli secara online dan sebelum acara pertandingan tersebut diselenggarakan, seluruh tiket yang disediakan oleh pihak penyelenggara telah habis terjual. Keterangan habisnya tiket yang terjual itupun dapat dilihat pada portal widget.loket.com, pada portal tersebut terlihat bahwa baik tiket dengan harga Rp70 ribu hingga Rp200 ribu telah habis terjual.

Berdasarkan pada seluruh referensi, informasi terkait nonton gratis pertandingan sepakbola antara Persib Bandung dan Bali United di Stadion GBLA ialah informasi salah dan masuk ke dalam kategori konten palsu.

Referensi:

https://www.tribunnews.com/superskor/2022/06/12/tiket-persib-bandung-vs-bali-united-ludes-terjual-umuh-tepis-kabar-hoaks-nonton-gratis-ke-gbla?
https://www.pikiran-rakyat.com/persib/pr-014718230/tiket-pertandingan-persib-vs-bali-united-ludes-terjual-bobotoh-keluhkan-sistem-penjualan-tiket
https://widget.loket.com/widget/3nc38xvqq5ekhtrk

Penulis: Novita Kusuma Wardhani
Editor: Dedy Helsyanto