[SALAH] PT KAI Membagikan Tunjangan Transportasi Senilai Rp20 Juta

Hasil Periksa Fakta Novita Kusuma Wardhani. Informasi tersebut salah. Faktanya, melansir dari finance.detik.com, VP Public Relations KAI Joni Martinus menyatakan bahwa link yang beredar pada platform WhatsApp dengan mengatasnamakan PT KAI ialah informasi salah.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

===

Kategori: Konten Palsu

===

Sumber: WhatsApp

===

Narasi:

“http://flamestaple[dot]top/Indonesialways/tb[dot]php?qpxvzwdy1654322469034”.
“http://conceptualcnfide[dot]top/keretaapi/tb[dot]php?udysoudd1652325203770”.
“http://cleansecredential[dot]top/Indonesianlways/tb[dot]php?pvlykxgj1654319210012”.

===

Penjelasan:

Beberapa waktu lalu sempat beredar beberapa link pada platform WhatsApp dengan mengatasnamakan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) terkait pemberian tunjangan transportasi senilai Rp20 juta setelah mengisi kuisioner yang terdapat dalam link yang beredar.

Namun melansir dari finance.detik.com, VP Public Relations KAI Joni Martinus menyatakan bahwa link yang beredar pada platform WhatsApp dengan mengatasnamakan PT KAI tersebut ialah informasi salah. Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak mengakses link tersebut serta mengikuti langkah yang diminta, dan diimbau pula untuk tidak memberikan data serta menyebarluaskan link atau tautan yang mencurigakan tersebut.

Selain itu, melansir dari radarsolo.jawapos.com, Joni Martinus mengimbau kembali kepada masyarakat agar tidak mengakses link tersebut, karena dikhawatirkan link tersebut memiliki malware, virus, atau scam dalam arti tindakan terencana yang bertujuan untuk mencuri uang dengan cara mengakali, membohongi, menipu pihak lain dengan mengambil data pribadi seseorang melalui malware tersebut. Sehingga ia mengharapkan agar masyarakat bisa lebih berhati-hati terhadap berbagai infomasi yang mengatasnamakan PT KAI, karena informasi resmi terkait PT KAI akan disampaikan melalui website resmi PT KAI, yaitu kai.id ataupun pada akun media sosial resmi PT KAI.

Berdasarkan pada seluruh referensi, informasi terkait PT KAI membagikan tunjangan transportasi senilai Rp20 Juta ialah informasi salah dan masuk ke dalam kategori konten palsu.

Referensi:

https://radarsolo.jawapos.com/ekonomi/05/06/2022/awas-hoax-promo-kereta-api-indonesia-di-bertebaran-di-grup-whatsapp/
https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6111292/hati-hati-link-catut-program-kai-manajemen-pastikan-hoax
https://portaljember.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-164652885/waspada-penipuan-berkedok-program-promo-pt-kai-beredar-lewat-chat-cek-di-sini-link-hoaksnya

Penulis: Novita Kusuma Wardhani
Editor: Dedy Helsyanto