[SALAH] Akun Facebook Bupati Tabanan “I Komang Gede Sanjaya”

hasil periksa fakta Rahmah An Nisaa (UIN Sunan Ampel Surabaya).

Akun palsu. Akun Facebook tersebut bukan akun resmi dari Bupati Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya. Akun Facebook resminya yaitu (https://www.facebook.com/kmgdsanjaya).

=====

KATEGORI: IMPOSTER CONTENT / KONTEN TIRUAN

=====

Sumber: Screenshot akun Facebook

=====

Penjelasan:
Beredar sebuah akun Facebook dengan nama “I Komang Gede Sanjaya” yang mengatasnamakan dan menggunakan foto Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjay serta menggunakan latar belakang foto Bupati beserta Wakil Bupati Tabanan. Terlebih lagi, akun tersebut sempat berkomunikasi dengan beberapa pengguna Facebook lain bertujuan menjanjikan promosi jabatan di lingkungan Pemkab Tabanan dan meminta transfer dana.

Berdasarkan hasil penelusuran, akun Facebook tersebut palsu. Klarifikasi diberikan Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya dalam akun Facebook pribadinya yaitu (https://www.facebook.com/kmgdsanjaya).

Ia mengunggah tangkapan layar akun yang mengatasnamakan dirinya dengan imbauan agar masyarakat Tabanan lebih selektif dalam menerima pertemanan di media sosial apapun. I Komang Gede Sanjaya juga menegaskan kepada ASN di Pemkab Tabanan untuk tidak mudah percaya dengan informasi hoaks terkait tata kelola kepegawaian,
“Saya tegaskan sekali lagi kepada seluruh pihak, baik itu masyarakat maupun ASN di Pemkab Tabanan agar tidak mudah percaya dengan berita hoaks terkait tata kelola kepegawaian. Kita menjalankan tatanan birokrasi sudah bertumpu pada aturan-aturan yang ditetapkan,” imbuhnya dalam akun Facebook pribadinya pada 31 Mei 2022.

Dengan demikian, akun Facebook “I Komang Gede Sanjaya” merupakan konten tiruan.

=====

Referensi:
https://www.ngopibareng.id/read/akun-palsu-jangan-terima-pertemanan-facebook-bupati-tabanan

https://www.balipuspanews.com/bupati-sanjaya-minta-masyarakat-agar-waspada-terhadap-akun-palsu-yang-mengatasnamakan-dirinya.html

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=338580875059357&id=100067223400205