[SALAH] Video “Kota Medan Turun Salju”

BUKAN salju. Buih-buih putih di ruas jalanan dalam video tersebut adalah busa dari sabun cair yang tumpah. Hujan yang turun menyebabkan busa muncul dan menutupi jalan.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konteks yang Salah
===========================================

Akun Facebook Andi Gunawan Poilisi Militer (fb.com/100005436541945) pada 25 Mei 2022 mengunggah sebuah video yang memperlihatkan ruas jalanan yang dipenuhi kendaraan yang melintas di atas buih-buih putih dengan narasi sebagai berikut:

“Subananaallah kuasa allah yg terjdi di medan ini y loksh di Padang bulan ber tubi tubi bencna alan yg di beri kan banjir rob di semarang jawa tengah mari la kta ber do’a buat negara ini agar tdk ad lgi bencna alam ini wahai saudra ku sklian dan ber pikir fositif aj jngn yg aneh”

Di video itu terdapat narasi: “PADANG BULAN KOTA MEDAN SUMATERA UTARA TURUN SALJU”

Sumber: perma.cc/EDQ3-ZNQ9 (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta Tempo, adanya video yang memperlihatkan ruas jalanan yang dipenuhi kendaraan yang melintas di atas buih-buih putih yang diklaim sebagai salju yang turun di Kota Medan, Sumatera Utara merupakan klaim yang salah.

Faktanya bukan salju. Buih-buih putih di ruas jalanan dalam video tersebut adalah busa dari sabun cair yang tumpah. Hujan yang turun menyebabkan busa muncul dan menutupi jalan.

Dilansir dari Tempo yang menggunakan kata kunci di Google dan menemukan video serupa pernah dimuat di kanal Youtube Rizki Ananda putra pada 23 Oktober 2019 dengan judul “Hujan salju di medan padang bulan”, Tempo mendapatkan keterangan dari Detikcom, bahwa busa muncul di ruas Jalan Jamin Ginting, Padang Bulan, Medan, Sumatera Utara. Jalan yang diselimuti busa mencapai sekitar 10 sampai 20 meter.

Menurut warga yang diwawancarai, busa tersebut muncul karena ada deterjen yang jatuh dari mobil. Hujan yang turun menyebabkan busa muncul dan menutupi jalan. Dari Tribunnews Medan, warga di sekitar melihat ada satu bak besar kendaraan yang berisikan sabun cair. Hujan melanda dan kenderaan melaju, busa semakin banyak dan menempel di kendaraan yang melintas.

REFERENSI
https://cekfakta.tempo.co/fakta/1723/menyesatkan-video-salju-turun-di-padang-bulan-kota-medan-sumatera-utara
https://www.youtube.com/watch?v=QlEvfHJnCqE
https://news.detik.com/berita/d-4755854/jalan-jamin-ginting-medan-dipenuhi-busa-dari-mana
https://medan.tribunnews.com/2019/10/22/berita-foto-bak-dunia-salju-ruas-jalan-jamin-ginting-padangbulan-berbusa

About Adi 1395 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo