[SALAH] “Hukuman Mati Di Depan Mata, Aktor Ganteng Ini Cuma Minta Dibawakan Makanan Sisa Di Penjara, Ternyata Punya Alasan Mulia Dibaliknya”

Hasil periksa fakta Ari Dwi Prasetyo.

Tidak sesuai dengan judul artikel. Faktanya, isi dalam artikel tersebut tidak membahas Stefan William seperti foto dalam thumbnail artikel melainkan kasus narkoba yang menjerat Steve Emmanuel. Lalu artis Steve Emmanuel yang disebutkan dalam isi artikel tersebut juga terbebas dari jeratan hukuman mati dan pemberitaannya sudah ada sejak 2019 lalu.

Selengkapnya di bagian Penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten Yang Menyesatkan

= = = = =

SUMBER: Portal Daring
https://perma.cc/NHP7-KTHX
= = = = =

NARASI:

“Hukuman Mati Di Depan Mata, Aktor Ganteng Ini Cuma Minta Dibawakan Makanan Sisa Di Penjara, Ternyata Punya Alasan Mulia Dibaliknya”

= = = = =

PENJELASAN:
Beredar sebuah artikel dari portal daring aji—berita[dot]blogspot[dot]com yang berjudul “Hukuman Mati Di Depan Mata, Aktor Ganteng Ini Cuma Minta Dibawakan Makanan Sisa Di Penjara, Ternyata Punya Alasan Mulia Dibaliknya”. Dalam thumbnail artikel tersebut menampilkan foto Steffan Wiliam serta terdapat narasi “tangis rekan artis tak terbendung saat mendengar nasib aktor tampan ini dijatuhi hukuman eksekusi ‘mati'”.

Berdasarkan hasil penelusuran, judul dan serta thumbnail dalam artikel tersebut nyatanya tidak sesuai dengan isi artikel. Dalam artikel tersebut membahas mengenai kasus narkoba yang menjerat Steve Emmanuel pada tahun 2018 lalu, yang mana Steve sudah divonis 13 tahun penjara, denda Rp 1 miliar, subsider enam bulan kurungan bukan hukuman mati yang disebutkan dalam judul artikel tersebut.

Steffan Wiliam yang fotonya dimuat dalam thumbnail artikel tersebut diketahui tidak dijatuhi hukuman mati serta masih aktif mengunggah kegiatannya pada tanggal 30 Mei 2022 di akun Instagramnya.

= = = = =

REFERENSI:
https://www.instagram.com/stories/stefannwilliam/2848722332143759399/?hl=id
https://www.sonora.id/read/423167255/terbebas-dari-hukuman-mati-aktor-tampan-ini-kini-bisa-lebih-menghargai-hidup-sampai-minta-dibawakan-makanan-sisa-saja?page=3