[SALAH]: Eric Thohir Berfoto Dengan Ibunya Ediba Tan Mei Hwa dan Kakak Ibunya, William Soerjadjaja, Jangan Terkecoh Dikira Pribumi Muslim

Klaim yang salah. Nama-nama yang disebutkan dalam foto tersebut tidak sesuai dengan yang ada di foto. Foto yang asli adalah Erick Thohir Bersama Ibunya, Edna, kemudian Ayahnya, Mochamad Teddy Thohir dan Kakaknya, Boy Thohir. Selain itu diketahui, Ibu Erick Thohir, Edna dinikahkan secara Islam oleh Teddy Thohir.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

======

[SUMBER]: FACEBOOK (https://archive.fo/GG1cr)

======

[NARASI]:

“Hhhmmmm…jangan terkecoh gaeezz…

Pantes aja suka nyamar jadi kadrun varian baru 😀🤭”

======

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Facebook mengunggah foto yang menampilkan keluarga Menteri BUMN, Eric Thohir dengan narasi klaim bahwa Ibu dari Eric Thohir bernama Tan Mei Hwa dan disebelahnya adalah kakak ibunya bernama William Suryajaya dan diklaim adalah warga Cina. Selain itu terdapat kalimat himbauan agar tidak terkecoh dengan nama Thohir agar dikira pribumi muslim.

Berdasarkan hasil penelusuran, Faktanya nama dua orang di sebelah Erick Thohir bukan Ediba Tan Mei Hwa dan William Suryajaya. Foto asli diunggah melalui situs republika.co.id berjudul “Inter Milan Berkabung untuk Teddy Thohir” pada 1 November 2016.

Keterangan dalam foto tertulis bahwa nama sang ibu yakni Edna Thohir. Dan foto pria di sebelah wanita itu adalah ayah dari Erick Thohir yang bernama Mochamad Teddy Thohir.

Dalam Obituari Teddy Tohir yang dimuat situs Republika.co.id berjudul “Kisah Thohir dari Gunung Sindur” (4/11/16), menerangkan bahwa Edna Ibunda Eric Thohir merupakan seorang perawat di salah satu rumah sakit di Jakarta dan merupakan gadis keturunan Tionghoa yang menikah secara Islam dengan Teddy.

Sementara itu, William Suryajaya bukanlah nama kakak kandung dari ibunda Eric Thohir melainkan pendiri PT Astra Internasional yang juga akrab dengan orang tua Edna.

Selain itu, Erick Thohir juga mengaku bahwa dirinya adaah seorang muslim. Ia pernah menyatakan pada asebuah media bahwa dirinya tak malu mengaku muslim saat masih memiliki klub sepak bola di Italia dan Amerika Serikat.

Informasi menyesatkan tersebut juga pernah beredar pada 2020 lalu dan telah diverifikasi oleh laman turnbackhoax.id dengan artikel berjudul “[SALAH] Jangan Terkecoh dengan Erick Thohir yang Dikira Pribumi Muslim, Ia Berfoto dengan Ibunya, Ediba Tan Mei Hwa dan Kakak Ibunya, William Soerjadjaja”.

======

REFERENSI:

https://www.antaranews.com/berita/1479687/cek-fakta-benarkah-ibu-erick-thohir-bernama-tan-mei-hwa

https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-nama-ediba-tan-mei-hwa-ibunda-erick-thohir.html

https://www.suara.com/news/2020/05/08/180103/cek-fakta-beredar-foto-sebut-erick-thohir-bukan-pribumi-muslim-benarkah?page=all

https://republika.co.id/berita/og2ffw319/kisah-thohir-dari-gunung-sugih