[SALAH] 27 Mei 2022 anak Ridwan Kamil sudah ditemukan dalam keadaan selamat

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan.

Faktanya, pencarian anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK), Emmeril Khan Mumtadz atau Eril yang hilang di Swiss, sampai 28 Mei 2022 masih dilakukan pencarian sepanjang Sungai Aare.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
================
Konten: Konten yang menyesatkan

Beredar sebuah postingan foto oleh akun twitter @bennyrhamdani_ pada 27 Mei 2022. Foto tersebut berisi tentang percakapan yang menyebutkan bahwa anak dari Ridwan Kamil sudah ditemukan dalam kondisi selamat.

Sumber: Twitter https://archive.ph/pWn6m Arsip
================

PENJELASAN:

Berdasarkan hasil penelusuran, kabar ditemukannya Emmiril Khan Mumtadz anak dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang hanyut terseret sungai di Swiss adalah salah.

Dilansir dari Suara.com, kabar tersebut mendapat bantahan dari radio Bandung, PRFM. “Informasi (ditemukan anak Ridwan Kamil) hoaks kang,” tulis admin di portal media tersebut di Twitter.

Dilansir dari Kompas.com, Duta Besar Republik Indonesia untuk Swiss, Muliaman Hadad mengatakan, proses pencarian anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz atau Eril, yang hilang di Swiss, akan dilanjutkan di sepanjang Sungai Aare.

Muliaman Hadad juga menyebut tak ada batas waktu pencarian anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz atau Eril, yang hilang di Sungai Aare, Bern. Berdasarkan keterangan tim SAR Swiss, pencarian Eril dilakukan setiap hari.

Dengan demikian kabar ditemukannya Emmeril Khan Mumtadz adalah tidak benar, sehingga masuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://www.suara.com/entertainment/2022/05/27/122041/viral-kabar-anak-ridwan-kamil-ditemukan-usai-hanyut-di-sungai-aare-swiss
https://www.antaranews.com/berita/2905901/misinformasi-putra-ridwan-kamil-sudah-ditemukan
https://nasional.kompas.com/read/2022/05/28/14495791/pencarian-anak-ridwan-kamil-hari-ini-mencakup-8-km-di-sepanjang-sungai-aare

EDITOR: Adi Syafitrah