[SALAH] Jangan Terkecoh dengan Erick Thohir yang Dikira Pribumi Muslim, Ia Berfoto dengan Ibunya, Ediba Tan Mei Hwa dan Kakak Ibunya, William Soerjadjaja

Klaim foto dan narasi akun Facebook Muhammad Onel atau @muhammad.haim.5 terhadap Menteri BUMN, Erick Thohir adalah salah, nama-nama yang disebutkan di narasi TIDAK sesuai dengan yang berada di foto. Foto yang asli adalah Erick Thohir Bersama Ibunya, Edna, kemudian Ayahnya, Mochamad Teddy Thohir dan Kakaknya, Boy Thohir. Selain itu diketahui, Ibu Erick Thohir, Edna dinikahkan secara Islam oleh Teddy Thohir dan sebagai pemilik klub olahraga di Amerika Serikat serta Italia, Erick mengatakan tidak malu mengaku sebagai muslim ketika berada di sana.

=====

KATEGORI: Misleading Content

=====

SUMBER: Media Sosial Facebook

=====

NARASI:

“Sebar Kan Supaya Banyak Yang Lebih Tau..Dan Biar Kan Menilai Masing Masing? Eric Tohir berpoto dg ibunya. Ediba Tan Mei Hwa dan kakak ibunya Wiliam Suryajaya. Jadi mereka itu cina. Jangan terkecoh dg nama Eric Tohir dikira pribumi muslim? Ini bukti trll banyak etnis cina yg diberi jabatan,” tulisan dalam unggahan foto Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), oleh akun Facebook Muhammad Onel atau @muhammad.haim.5, Kamis (7/5).

=====

PENJELASAN:

Akun Facebook Muhammad Onel atau @muhammad.haim.5 mengunggah foto Menteri BUMN, Erick Thohir yang mengenakan jas hitam dengan dasi kupu – kupu bersama dua orang lainnya yang nampak lebih dewasa. Dalam unggahannya, akun Facebook Muhammad Onel menyebutnya kedua orang yang ada dalam foto bersama Erick Thohir ialah Ibu dan Kakak dari Ibunya Erick Thohir.

Selain itu, pada unggahan foto tersebut juga, akun Facebook Muhammad Onel mengatakan bahwa Ibu dari Erick Thohir yang bernama Ediba Tan Mei Hwa dan Kakak Ibunya, William Soerjadjdja adalah Cina dan meminta agar jangan terkecoh dengan nama Erick Thohir yang dikira pribumi muslim.

Berikut narasi lengkapnya dalam unggahan foto dari akun Facebook Muhammad Onel:

“Sebar Kan Supaya Banyak Yang Lebih Tau..Dan Biar Kan Menilai Masing Masing? Eric Tohir berpoto dg ibunya. Ediba Tan Mei Hwa dan kakak ibunya Wiliam Suryajaya. Jadi mereka itu cina. Jangan terkecoh dg nama Eric Tohir dikira pribumi muslim? Ini bukti trll banyak etnis cina yg diberi jabatan,” tulisan dalam unggahan foto Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), oleh akun Facebook Muhammad Onel atau @muhammad.haim.5, Kamis (7/5).

Setelah menelusuri melalui mesin pencari, faktanya unggahan foto dan narasi yang diklaim oleh akun Facebook Muhammad Onel adalah salah atau keliru.

Foto yang diunggah akun Facebook Muhammad Onel dapat dilihat pada artikel Republika.co.id yang berjudul “Inter Milan Berkabung untuk Teddy Thohir” yang ditayangkan pada Selasa, 1 November 2016. Dalam artikel tersebut terdapat foto yang sama persis dengan yang dibagikan oleh akun Facebook Muhammad Onel.

Diketahui foto itu adalah foto karya Jurnalis Republika, Wihdan. Keterangan dari foto tersebut adalah “Dari kiri: Presiden Inter Milan Erick Thohir, Edna Thohir, Mochamad Teddy Thohir, dan Direktur Utama PT Adaro Energy Garibaldi Thohir berfoto bersama di Jakarta, Kamis (1/12).”

Jadi foto asli dari yang disebarkan akun Facebook Muhammad Onel adalah Erick Thohir bersama keluarganya, yakni Ibunya, Edina Thohir, kemudian Ayahnya Teddy Thohir (alm) dan Kakaknya, Garibaldi Thohir atau Boy Thohir.

Kemudian, Ibu dari Erick Thohir yakni Edna diketahui merupakan gadis keturunan Tionghoa dinikahkan oleh Ayah dari Erick Thohir yakni Teddy Thohir secara Islam. Teddy sendiri berasal dari Gunung Sugih, Lampung.

Sedangkan William Soerjadjaja yang diklaim akun Facebook Muhammad Onel sebagai Kakak dari Ibu Edna juga keliru. William Soerjadjaja adalah pemilik PT. Astra Internasional yang memiliki kedekatan dengan Ayah dari Edna. Selain itu, Teddy Thohir dapat bekerja di PT. Astra Internasional bermula dari tawaran istri TP Rachmat yang punya hubungan dekat dengan Edna.

Terakhir, sebagai pemilik klub olahraga di Amerika dan Italia, Erick Thohir bercerita dirinya tidak malu mengaku muslim saat berada di sana.

Berdasarkan kategori Misinformasi dan Disinformasi dari First Draft, unggahan akun Facebook MuhammadOnel dapat disebut sebagai Misleading Content atau Konten yang Menyesatkan.

=====

REFERENSI:

1. https://archive.fo/zj52G
2.https://web.facebook.com/photo.php?fbid=3346797638685275&set=a.1297748506923542&type=3
3. https://republika.co.id/berita/ofxqh1284/inter-milan-berkabung-untuk-teddy-thohir
4. https://republika.co.id/berita/og2ffw319/kisah-thohir-dari-gunung-sugih
5. https://www.republika.co.id/berita/jurnalisme-warga/wacana/16/11/03/og1s2v396-pesan-teddy-thohir-untuk-anakanaknya
6.https://www.republika.co.id/berita/video/berita/15/11/19/ny2f0w216-erick-thohir-saya-tidak-malu-mengaku-muslim
7. https://id.wikipedia.org/wiki/Erick_Thohir