[SALAH] Artikel Merdeka.com Berjudul Ibadah Haji Dibatalkan dan Seluruh Dana Dialihkan untuk Pembangunan IKN

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga (Universitas Sumatera Utara)

Faktanya tidak ada pernyataan resmi tentang pembatalan ibadah haji ataupun tentang pengalihan dananya untuk kegiatan pembangunan ibukota negara baru.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MANIPULATED CONTENT/Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
archive.vn/YHZsb
https://www.facebook.com/100043410188455/posts/551380666318935/

=====
[NARASI]:

“Menag Yaqut: Haji dibatalkan dulu tahun ini uangnya dipakai untuk bangun IKN Nusantara”

=====
[PENJELASAN]:

Sebuah unggahan di media sosial Facebook yang menampilkan hasil tangkapan layar sebuah artikel dengan judul “Menag Yaqut: Haji dibatalkan dulu tahun ini uangnya dipakai untuk bangun IKN Nusantara”. Sebagai pendukung tampilan artikel, hasil tangkapan layar ini juga mencatut nama sebuah media berita yaitu Merdeka.com serta foto Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas.

Namun setelah ditelusuri lebih lanjut, kabar mengenai pembatalan jadwal haji karena pengalihan dana untuk pembangunan Ibukota Negara (IKN) baru, merupakan informasi hoaks. Hasil tangkapan layar artikel dan judul berita tersebut merupakan hasil editan. Adapun pemberitaan di Merdeka.com terkait pemberangkatan haji dengan foto identik, pernah dimuat pada 17 Januari 2022. Judul artikel asli dari media Merdeka.com adalah “Menag Yaqut: Pemerintah Tak akan Hentikan Pemberangkatan Jamaah Umroh”.

Jadi dapat disimpulkan bahwa pembatalan ibadah haji karena dananya akan dialihkan untuk pembangunan IKN merupakan hoaks kategori manipulated content atau konten yang dimanipulasi.

=====
[REFERENSI]:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/04/04/144702182/hoaks-haji-dibatalkan-dan-dananya-dipakai-untuk-pembanguan-ikn

=====
Editor: Bentang Febrylian