[SALAH] Video Kengerian Perang Rusia Dan Ukraina

Hasil periksa fakta Ari Dwi Prasetyo.

Klaim tersebut salah. Faktanya, sebagian video tersebut merupakan kumpulan beberapa klip video yang tidak berkaitan dengan perang Rusia dan Ukraina.

Selengkapnya di bagian penjelasan dan referensi.

= = =
Kategori: konten yang menyesatkan

= = =

Sumber: Tiktok
https://archive.vn/XXF8r

= = =
Narasi:
“No war ukrania Rusia #russia #russiaru #rusiaukraina #russiamilitary #ukraine #rusia2022”
= = =
Penjelasan:
Beredar sebuah video di Tiktok yang memperlihatkan video peperangan yang diklaim merupakan perang antara Rusia dan Ukraina. Video ini telah mendapatkan atensi sebanyak 69.8 ribu suka dan 699 komentar.

Namun setelah dilakukan penelusuran, ditemukan bahwa sebagian video ini merupakan kumpulan potongan video dari beberapa video yang tidak ada hubungannya dengan perang Rusia dan Ukraina. Misalnya pada video tersebut pada detik 00:09 terlihat kemiripan dengan video peperangan Turki dengan Tentara Nasional Libya (LNA) dan militer Mesir di Kota Sirte yang diberitakan pada tanggal 20 Juli 2020.

Lalu pada video Tiktok tersebut pada detik 00:25 terlihat kemiripan dengan video latihan di negara-negara yang tergabung dalam Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO) di dekat perbatasan Afghanistan-Tajikistan pada tanggal 18 Oktober 2021.

Kemudian pada video Tiktok tersebut pada detik 00:28 terlihat kemiripan dengan video pengujian pertahanan udara Rusia di lapangan tembak Kapustin Yar sekitar 1.160 kilometer tenggara Moskow pada tanggal 29 Oktober 2021.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim video kengerian perang Rusia dan Ukraina adalah keliru dan termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan.
= = =
Referensi:
https://www.gelora.co/2020/07/binasakan-tentara-nasional-libya-dan.html
https://gorodovoy.ru/news/odkb-uvelichila-do-4-tysyach-chislo-uchastnikov-manevrov-v-tadzhikistane
https://www.defencenet.gr/amyna/pyraylika-systimata/912160_epideixi-dynamis-tis-rosikis-aeramynas-me-protofani-omobrontia