[SALAH]: Marquez Ditolak Rumah Sakit Karena Tak Punya BPJS dan Peduli Lindungi Belum Aktif

Kabar yang menyebutkan Marc Marquez ditolak rumah sakit karena tak punya kartu BPJS Kesehatan kemungkinan adalah satir yang muncul sebagai respons atas sulitnya mengakses layanan kesehatan tanpa kartu tersebut.

======

[KATEGORI]: SATIRE/PARODI

======

[SUMBER]: FACEBOOK (https://archive.fo/IeEDM)

======

[NARASI]:

“Marquez ditolak RS krn gak punya BPJS dan peduli lindungi blom aktif
Gak bawa surat rujukan dari faskes pertama dan surat keterangan lupa di tanda tangan RT/rw setempat
Welcome Mar

🥰
🥰

======

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Facebook mengunggah foto pembalap MotoGp Marc Marquez disertai narasi yang menyebutkan bahwa pembalap asal Spanyol itu ditolak di RS karena tidak memiliki kartu BPJS dan aplikasi peduli lindungi yang belum aktif.

Seperti diketahui, Marquez harus absen dari gelaran MotoGp seri ke 2 di sirkuit Mandalika pada 20 Maret 2022 akibat kecelakaan yang cukup hebat saat lap pemanasan. Akibat kejadian tersebut Marquez harus dibawa ke rumah sakit karena mengalami beberapa cedera.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi yang menyebutkan bahwa Marquez ditolak oleh RS karena tidak memiliki kartu BPJS dan aplikasi peduli lindungi yang belum aktif adalah keliru. Menkominfo Johnny G Plate memastikan bahwa kabar tersebut tidak benar, dan hanya guyonan semata.

Sementara itu, Marc Marquez melalui akun Instagramnya mengungkapkan bahwa ia mendapatkan perawatan medis di RSUD Mataram usai mengalami kecelakaan. Kabar yang menyebutkan Marc Marquez ditolak rumah sakit karena tak punya kartu BPJS Kesehatan kemungkinan adalah satir yang muncul sebagai respons atas sulitnya mengakses layanan kesehatan tanpa kartu tersebut.

======

REFERENSI:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/03/21/124400082/-hoaks-marc-marquez-ditolak-rumah-sakit-karena-tak-punya-kartu-bpjs?page=all

https://www.suara.com/news/2022/03/21/120918/cek-fakta-marc-marquez-ditolak-rs-karena-enggak-punya-bpjs-benarkah