[SALAH] Kantor Presiden Bank Dunia di Kesultanan Buton

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga (Universitas Sumatera Utara)

Faktanya, Kesultanan Buton telah runtuh sejak tahun 1960.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
archive.fo/Tr728
https://www.facebook.com/groups/1276081999132006/permalink/7625833897490086/

=====
[NARASI]:

“PERNYATAAN RESMI PERSERIKATAN BANGSA-BANGSA

Inilah Kantor Presiden Bank Dunia yang telah resmi dan sah saat ini, tempat Jenderal Besar L.M. Syahrial, SH Presiden Bank Dunia yang telah resmi dan sah saat ini berkantor dan bertempat tinggal.

Alamat : Kompleks BTN Meddy Brata Jl. Rajawali Blok B2 Nomor 10 Baubau, DKI Bau-Bau ( Kesultanan Buton ), Indonesia.

Dikeluarkan di : Bau-Bau
Pada Tanggal : 27 Maret 2014

KETUA
PERSERIKATAN BANGSA-BANGSA

TTD

JENDERAL BESAR L.M. SYAHRIAL, SH”

=====
[PENJELASAN]:

Beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook yang menampilkan gambar sebuah bangunan yang diklaim sebagai kantor presiden bank dunia. Hal tersebut pun disebutkan di dalam narasi, telah disahkan oleh Presiden Bank Dunia resmi, Jenderal Besar L.M. Syahrial, S.H. Di dalam narasi disebutkan bahwa bangunan ini terletak di DKI Bau-Bau, Indonesia.

Namun setelah melakukan penelusuran, pernyataan yang ada di dalam unggahan diketahui merupakan hoaks. Kesultanan Buton telah gugur dan tidak menjalankan lagi roda pemerintahannya sejak tahun 1960.

Melansir dari artikel Liputan6.com, secara teknis, kantor bank dunia terletak di Washington D.C, Amerika Serikat. Sementara untuk kantor bank dunia yang ada di Indonesia terletak di Indonesia Stock Exchange (IDX) Tower 2, Lt.12 & 15, Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Selain itu klaim tentang nama presiden bank dunia pada narasi tersebut juga merupakan hoaks. Jabatan Presiden Bank Dunia saat ini dipegang oleh orang berkebangsaan Amerika, David Malpass.

Jadi dapat disimpulkan bahwa klaim tentang kantor bank dunia yang berada di Kesultanan Buton, serta presiden bank dunia yang ada di dalam unggahan, merupakan hoaks kategori misleading content atau konten menyesatkan.

=====
[REFERENSI]:

http://m.liputan6.com/bisnis/read/3036084/jokowi-kantor-bank-dunia-di-ri-terbesar-setelah-washington

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Bank_Dunia#:~:text=Markas%20Bank%20Dunia%20berada%20di,dari%20badan%2Dbadan%20PBB%20lainnya

https://www.aa.com.tr/id/dunia/antonio-guterres-terpilih-jadi-sekjen-pbb-periode-kedua/2278972

=====
Editor: Bentang Febrylian