[SALAH] Foto Istri Wakil Presiden Ukraina Siap Perang Bela Negara

Hasil periksa fakta Fathia IS.

Klaim tersebut salah, faktanya Ukraina tidak memiliki jabatan wakil presiden. Lebih lanjut, foto tersebut diambil di Kyiv, Ukraina dalam rangka latihan parade militer 30 tahun Hari Kemeredekaan Ukraina pada 22 Agustus 2021.

Selengkapnya di bagian penjelasan dan referensi.

= = =
Kategori: Konteks yang Salah

= = =
Sumber: Facebook https://bit.ly/3KVgHrq

https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2022/03/SALAH-Foto-Istri-Wakil-Presiden-Ukraina-Siap-Perang-Bela-Negara.jpe

= = =
Narasi:
““Istri Wakil Presiden Ukraina. Siap perang bela negaranya.”

= = =
Penjelasan:
Beredar sebuah foto di Facebook menunjukkan perempuan dengan seragam militer dan memegang senjata, perempuan dalam foto tersebut diklaim merupakan foto dari istri wakil presiden Ukraina yang siap perang untuk membela negara.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, Ukraina tidak memiliki jabatan wakil presiden, sehingga istri wakil presiden Ukraina tidak pernah ada. Dilansir dari Kompas.com, foto tersebut pernah diunggah di Shutterstock oleh seorang fotografer Volodymyr Zakharov, foto tersebut diambil di Kyiv, Ukraina dalam rangka latihan parade militer 30 tahun Hari Kemeredekaan Ukraina pada 22 Agustus 2021.

Dengan demikian klaim foto Istri Wakil Presiden Ukraina siap perang bela Negara merupakan informasi yang salah dan termasuk ke dalam kategori konteks yang Salah.

= = =
Referensi:

https://www.shutterstock.com/id/image-photo/kyiv-ukraine-august-22-2021-rehearsal-2030304626
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/03/08/165900182/-hoaks-foto-istri-wakil-presiden-ukraina-siap-perang?page=all#page2

= = =
Editor: Bentang Febrylian