[SALAH] Video Kereta Mengangkut Kendaraan Militer NATO Menuju Ukraina

Hasil periksa fakta Fathia IS.

Klaim tersebut salah, faktanya video tersebut merupakan rekaman lama yang telah beredar sejak 2012 dan tidak ada kaitannya dengan perang yang terjadi di Ukraina.

Selengkapnya di bagian penjelasan dan referensi.

= = =
Kategori: Konteks yang Salah

= = =
Sumber: Facebook
https://archive.ph/0VI8w

= = =
Narasi:
“FROM NATO WITH LOVE TO UKRAINE!!! Don’t ask me what’s in the cabins at the end of the convoy, am curious too! The ego driven dictator has bitten more than he can chew. Don’t ever underestimate you opponent #IStandWithUkraine take it or leave it and oh stick your ‘what ofs’ am allergic to it and sick of it”

Terjemahan:

“DARI NATO DENGAN CINTA KE UKRAINA!!! Jangan tanya saya apa yang ada di kabin di ujung konvoi, saya juga penasaran! Diktator yang didorong ego telah menggigit lebih dari yang bisa dia kunyah. Jangan pernah meremehkan lawanmu, #IStandWithUkraine ambil atau tinggalkan dan oh tetap ‘apa’ Anda alergi dan muak dengan itu”

= = =
Penjelasan:
Beredar sebuah video melalui Facebook yang menunjukkan kereta panjang mengangkut kendaraan dan peralatan militer lainnya seperti tank, video tersebut diklaim merupakan upaya NATO untuk menyokong peralatan militer untuk Ukraina sedang dalam perjalanan dengan menggunakan kereta.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, video tersebut sudah lama beredar sejak 2012 yang merupakan kereta api Kanada yang sedang beroperasi di sekitar Kanada – Amerika Serikat dan tidak ada kaitannya dengan krisis yang terjadi di Ukraina. Dilansir dari AFP, kereta dalam video tersebut berlogo ‘CN’ yang merupakan logo dari Canadian National Railways Company.

Dengan demikian klaim Video Kereta Mengangkut Kendaraan Militer NATO Menuju Ukraina merupakan hoaks dengan kategori Konteks yang Salah.

= = =
Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=mQCRXudN-Wo&t=2s
https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.324M4WH

= = =
Editor: Bentang Febrylian