[SALAH] Kamala Harris Menertawakan Pertanyaan Tentang Pengungsi Ukraina

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Informasi yang salah. Wakil Presiden AS Kamala Harris tidak menertawakan isu pengungsi Ukraina, namun tertawa dengan Presiden Andrzej Duda perihal siapa yang akan menjawab pertanyaan reporter terlebih dahulu.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN / MISLEADING CONTENT

=====

Sumber: Twitter
https://web.archive.org/web/20220316045714/https://twitter.com/tomselliott/status/1501901624943464449

=====
Narasi:
(Diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia):

“Wakil Presiden Harris mulai tertawa secara canggung ketika ditanya tentang krisis pengungsi Ukraina”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @tomselliott (Tom Elliott) mengunggah cuplikan video konferensi pers gabungan Wakil Presiden AS, Kamala Harris, dan Presiden Polandia, Andrzej Duda. Konferensi pers tersebut dilaksanakan di Warsawa pada 10 Maret lalu.

Dalam cuitannya, Tom Elliot menyatakan bahwa Kamala Harris tertawa ketika mendengar pertanyaan mengenai rencana Amerika Serikat untuk memperbaiki infrastruktur yang telah ada, sehingga bisa menampung lebih banyak pengungsi yang datang dari Ukraina.

Berdasarkan hasil penelurusan, video yang diunggah Tom Elliot hanya merupakan potongan video yang disengaja. Setelah melihat video konferensi pers lengkap yang diunggah oleh akun YouTube resmi The Independent, Wakil Presiden AS Kamala Harris tidak langsung tertawa setelah menerima pertanyaan mengenai pengungsi Ukraina dari salah satu reporter.

Pada menit ke 54:25, reporter Asma Khalid bertanya mengenai apa yang akan pemerintah AS lakukan untuk memperbaiki sistem dan infrastruktur negaranya supaya dapat menyediakan tempat lebih bagi pengungsi Ukraina. Setelah bertanya kepada Kamala Harris, reporter tersebut memberikan pertanyaan lain kepada Presiden Polandia, Andrzej Duda.

Setelah mendengar dua pertanyaan dari Asma Khalid, Wakil Presiden Kamala Harris dan Presiden Andrzej Duda tertawa sambil saling melihat, terlihat bingung perihal siapa yang akan menjawab pertanyaan terlebih dahulu, bukan menertawakan isu yang sedang dibahas.

Herbie Ziskend, Penasihat Senior untuk Wakil Presiden AS, juga angkat bicara mengenai isu serupa melalui akun Twitter pribadinya, @HerbieZiskend46, yang mengonfirmasi bahwa Kamala Harris tidak menertawakan pertanyaan reporter Asma Khalid. Cuitannya berbunyi sebagai berikut:

“No surprise: but this is wildly out of context. I was in the room. The @VP and President were laughing about who would speak first amidst simultaneous translations – they were certainly not laughing about refugees”.

Dengan demikian, informasi yang ditulis oleh @tomselliott merupakan konten yang menyesatkan / misleading context.

=====

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=Zt22yZV2BZs


https://twitter.com/HerbieZiskend46/status/1501942262074265607