[SALAH] Foto Tentara Ukraina Menangis

Hasil periksa fakta Fathia IS.

Klaim tersebut salah. Faktanya, gambar tersebut diambil pada tahun 2019 yang menunjukkan seorang pasukan penerjun menangis haru saat menerima baret pasukan penerjun milik dia sendiri.

Selengkapnya di bagian penjelasan dan referensi.

= = =
Kategori: Konteks yang Salah

= = =
Sumber: Facebook
https://archive.ph/7Jocu

= = =
Narasi:
“This pic of a Ukraina soldier breaks my heart”

[Terjemahan]
“Foto tentara Ukraina ini menghancurkan hatiku”

= = =
Penjelasan:
Sebuah foto di media sosial Facebook diklaim sebagai foto salah seorang tentara Ukraina yang menangis. Foto tersebut dibagikan setelah Rusia menginvasi Ukraina yang menunjukkan bahwa gambar tersebut berasal dari konflik saat ini di Ukraina.

Namun setelah ditelusuri, informasi tersebut salah. Faktanya, melalui pencarian google image reverse, foto tersebut ternyata berasal dari artikel di situs web tabloid Inggris The Sun pada tahun 2019.

Foto tersebut merupakan foto Fin Doherty, saudara lelaki pahlawan perang Afghanistan yang terbunuh, dalam foto tersebut Fin terlihat menangis setelah mendapatkan baret penerjun payungnya.

Jeff Doherty (Saudara Fin) tewas dalam serangan Taliban pada 2008. Artikel The Sun mengatakan Fin bersumpah untuk mengikuti saudaranya ke Resimen Parasut.

Dengan demikian, foto yang diklaim sebagai tentara Ukraina yang sedang menangis adalah informasi yang keliru dan termasuk ke dalam kategori konteks yang salah.

= = =
Referensi:

  1. https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.324T4AV
  2. https://www.thesun.co.uk/news/10478106/brother-slain-war-hero-broke-down-following-paratrooper/

= = =
Editor: Bentang Febrylian