[SALAH] Pengobatan Tumor Ganas/ Kanker CELL CURE RS Gatot Subroto Jakarta

Hasil periksa fakta Riza Dwi (Anggota Tim Kalimasada)

Hoaks Lama Beredar Kembali. Faktanya klaim tersebut adalah hoaks yang sudah muncul sejak 2013. Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto kala itu, Terawan Agus Putranto menyatakan informasi tersebut hoaks dan meminta agar masyarakat tidak mempercayai isu tersebut.

=====
KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

=====
NARASI:
“Kawan2…..
RS Gatot Subroto Jakarta, sudah mulai ada pengobatan tumor ganas/ kanker CELL CURE, telah berhasil menyembuhkan kanker stadium 4, tanpa operasi, tanpa chemo therapy…
Equipment tsb hibah dari pemerintah Jerman.
Teknologi tsb hanya ada di Jerman dan Indonesia
Buat Bpk2/Ibu2 yg punya kerabat, atau teman yg saat ini menderita kanker dan tidak mempunyai dana lagi.
Yayasan Miracle Hope ingin membantu untuk mengobati penderita kanker jenis apapun.
Silahkan berikan data untuk pemeriksaan darah dan obat akan diberikan secara gratis.
Silahkan isi data
Nama :
Alamat :
Jenis kanker :
Surat keterangan tidak mampu dari RT, RW setempat
Kirim via email:
Fani.ferdiani@yahoo.com
PIN 23823ADB
Bantu Broadcast juga ya kalau bisa … mungkin di luar sana ada yang benar-benar sedang membutuhkan.
1hari #1kebaikan
share dari sdr..untuk sdr2 yg membutuhkan.
tolong di share group2 lain”

=====
SUMBER: Whatsapp
bit.ly/36pnt9U

=====
PENJELASAN:
Beredar kembali klaim yang menyatakan RS Gatot Subroto telah berhasil menyembuhkan kanker stadium 4 dengan pengobatan cell cure. Disebutkan juga bahwa yayasan Miracle Hope ingin membantu asalkan pasien mengisikan biotada kemudian dikirimkan ke email atas nama Fani Ferdiani atau tin Blackberry.

Faktanya klaim tersebut adalah hoaks yang sudah muncul sejak 2013. Dilansir dari artikel liputan6.com pada tahun 2019. Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto kala itu, Terawan Agus Putranto menyatakan informasi tersebut hoaks dan meminta agar masyarakat tidak mempercayai isu tersebut.

Pada tahun 2017 Turnbackhoax.id juga telah membahas terkait klaim ini dengan judul “[HOAX] RS Gatot Subroto Jkt, sdh mulai ada pengobatan tumor ganas/ kanker CELL CURE”.

Setelah dilakukan penelusuran nama orang pada edaran pesan diatas adalah seorang wanita berusia 33 tahun. Beliau adalah seorang marketer, bahkan terakhir di tahun 2014 membuka beautyslimshop(dot)com. Sedangkan yayasan beliau; (1). miraclesofhope(dot)org lebih fokus pada masalah diabetes dan memberi informasi yang diperlukan dan keterampilan untuk hidup sehat, produktif dan memuaskan. (2). hopeofmiracle(dot)com memang yayasan kanker tetapi pada menu profilnya membutuhkan dana agar dapat membantu pasiennya.
Dan beberapa kasus yang terjadi pada tahun 2013 disaat ada beberapa orang yang membutuhkannya, ternyata tidak dapat dihubungi. Bahkan alamat dan nomor telepon yang dilampirkan selain PIN BBM sejak tahun 2010 sampai sekarang adalah milik service centre sebuah perusahaan telekomunikasi yang tidak ada hubungannya dengan yayasan ini.

=====
REFERENSI:
https://www.liputan6.com/health/read/4015774/soal-broadcast-pengobatan-gratis-kanker-tanpa-operasi-dan-kemo-rspad-itu-hoaks
https://turnbackhoax.id/2017/08/12/hoax-rs-gatot-subroto-jkt-sdh-mulai-ada-pengobatan-tumor-ganas-kanker-cell-cure/
https://www.facebook.com/groups/503351479770021/posts/681683758603458/

Editor: Adi Syafitrah