[SALAH] Video “Cara Ngebajak Wa Doi”

BUKAN untuk membajak. FAKTANYA, fungsi dari Menu > Setelan > Bantuan > Hubungi kami yang diperlihatkan di video adalah untuk menghubungi WhatsApp berkaitan dengan membagikan dan menjelaskan masalah yang ditemukan oleh pengguna ketika menggunakan aplikasi.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI .

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan.

SUMBER: TikTok, https://archive.ph/R7KbQ (arsip cadangan).

NARASI: “Cara Ngebajak Wa Doi” (di dalam video).

“sad banget🥺🥺 #njirt” (di post).

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis dan Disinformasi oleh First Draft, termasuk “Konten yang Menyesatkan: Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu”.

@mafindo.id

@Lyanha, BUKAN untuk membajak. FAKTANYA, fungsi dari Menu > Setelan > Bantuan > Hubungi kami yang diperlihatkan di video adalah untuk menghubungi WhatsApp berkaitan dengan membagikan dan menjelaskan masalah yang ditemukan oleh pengguna ketika menggunakan aplikasi. Selengkapnya di turnbackhoax.id | #LawanHoax #CekFaktanya #MAFINDO #FYP

♬ suara asli – The Movie – The Movie

SUMBER membagikan cara menghubungi WhatsApp berkaitan dengan membagikan dan menjelaskan masalah yang ditemukan oleh pengguna ketika menggunakan aplikasi dengan menambahkan narasi yang MENYESATKAN, yang menyebabkan kesimpulan yang SALAH.

Verifikasi Video

Informasi yang disertakan oleh WhatsApp di tautan bagian “Pelajari lebih lanjut” (“Learn more”) di menu “Hubungi kami” (Contact us), Pusat Bantuan WhatsApp: “Ketika Anda menghubungi Dukungan WhatsApp, selain informasi yang Anda berikan secara langsung untuk menjelaskan masalah yang Anda alami, WhatsApp mengumpulkan nomor telepon atau alamat email Anda (tergantung pada cara Anda menghubungi Dukungan WhatsApp). Informasi tersebut dikumpulkan guna menghubungi Anda kembali untuk menyelesaikan masalah Anda.” [2]

Dukungan WhatsApp Messenger: “Agar dapat membantu Anda dengan lebih baik, hubungi kami dari telepon Anda dengan membuka WhatsApp > Setelan > Bantuan > Hubungi Kami. Anda juga dapat mengunjungi Pusat Bantuan kami untuk informasi tambahan.” [3]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Pusat Bantuan WhatsApp: “Jika Anda menerima pesan dari akun yang tidak memiliki tanda centang hijau atau nomor telepon yang dimulai dengan angka berbeda, namun mengklaim sebagai WhatsApp, kemungkinan ini adalah penipuan. Mohon jangan membalas pesan dan harap laporkan atau blokir nomor tersebut.” [4]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.md/nb52W (arsip cadangan dengan bahasa asli, English).

[2] faq.whatsapp.com: “Informasi Apa yang WhatsApp Kumpulkan Ketika Anda Menghubungi Dukungan WhatsApp?”, https://bit.ly/36vXb5W / https://archive.ph/lTXaS (arsip cadangan).

[3] whatsapp.com: “Hubungi WhatsApp”, https://bit.ly/3wb3iqZ / https://archive.ph/kPwG5 (arsip cadangan).

[4] faq.whatsapp.com: “Berkomunikasi secara Aman dengan Tim Dukungan WhatsApp”, https://bit.ly/3JwVgfG / https://archive.ph/Mfr3t (arsip cadangan).