[SALAH] Video “ANAK VESPA UKRAINABANTU TENTARA PENERJUN RUSIAYANG PARASUT NYA NYANGKUT”

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini.

Faktanya, video tersebut bukan merupakan video pengendara vespa asal Ukraina yang menolong penerjun payung asal Rusia yang terjebak di parasutnya, melainkan video komedi yang dibuat oleh YouTuber asal Perancis, Rémi Gaillard. Video tersebut pertama kali diunggah pada 6 Juli 2009.

Selengkapnya di bagian Penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konteks yang Salah/False Context

= = = = =

SUMBER: TikTok
http://web.archive.org/web/20220301135411/https://www.tiktok.com/@dailyriau1/video/7068870045094530330

= = = = =

NARASI:

“ANAK VESPA UKRAINABANTU TENTARA PENERJUN RUSIAYANG PARASUT NYA NYANGKUT”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun TikTok dengan nama pengguna “dailyriau1” mengunggah sebuah video yang menunjukkan seorang pengendara vespa yang membantu seorang tentara yang terjebak di parasutnya. Video tersebut juga disertai narasi yang menyatakan bahwa pengendara vespa dalam video tersebut merupakan pengendara vespa asal Ukraina yang membantu seorang penerjun payung asal Rusia yang terjebak.

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut bukan merupakan video pengendara vespa asal Ukraina yang menolong penerjun payung asal Rusia yang terjebak di parasutnya, melainkan merupakan video komedi yang dibuat oleh YouTuber asal Perancis, Rémi Gaillard. Video tersebut pertama kali diunggah pada 6 Juli 2009. Potongan video yang diunggah oleh akun TikTok “dailyriau1” merupakan potongan dari menit 1:53 hingga 2:06.

Rémi Gaillard sendiri merupakan YouTuber asal Perancis yang sering mengunggah konten berupa video lelucon yang dilakukan di fasilitas umum, seperti jalan raya, pantai, hingga supermarket.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun TikTok dengan nama pengguna “dailyriau1” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konteks yang Salah/False Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.youtube.com/watch?v=qrlrMYbMMFg&t=119s

https://www.motorplus-online.com/read/253162834/video-pengendara-vespa-ukraina-selamatkan-tentara-rusia-padahal-ini-fakta-sebenarnya?page=all

https://french-iceberg.com/remi-gaillard-french-youtuber/

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian