[SALAH] Video Ledakan “Ukraina vs Rusia”

BUKAN ledakan yang terjadi karena perang Rusia – Ukraina. Video tersebut adalah ledakan di Kota Tianjin, Cina, pada 2015.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori: Konteks yang Salah
===========================================

Akun Facebook Idawati Fang (fb.com/cung.xiaofang) pada 24 Februari 2022 mengunggah sebuah video dengan narasi sebagai berikut:

“Ukraina vs Rusia #makeworldabetterplace”

Video berdurasi 1:29 menit ini menampakkan ledakan besar yang terjadi di sebuah kota.

Sumber: perma.cc/998U-67ME (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video ledakan besar yang diklaim terjadi karena perang Rusia – Ukraina merupakan klaim yang salah.

Faktanya, bukan ledakan yang terjadi karena perang Rusia – Ukraina. Video tersebut adalah ledakan di Kota Tianjin, Cina, pada 2015.

Dilansir dari Tempo, kanal media BBC News mengunggah video itu pada 14 Agustus 2015 waktu Indonesia dengan judul Tianjin explosion video captures fear of eyewitnesses. BBC menulis bahwa ledakan itu berasal dari gudang milik perusahaan yang menangani barang-barang berbahaya, terbakar dan meledak. Video itu diambil oleh seorang saksi mata, Dan van Duren sebelum dia dan yang lainnya melarikan diri untuk menghindari bahaya.

Dikutip dari South China Morning Post, dua ledakan itu terjadi di kawasan industri Binhai New Area, di kota pelabuhan Tianjin, China, pada akhir 12 Agustus 2015. Insiden ini menewaskan 173 orang, termasuk petugas pemadam kebakaran dan mengirimkan gelombang kejut sejauh 20 kilometer jauhnya. Ledakan itu terjadi di gudang milik Tianjin Dongjiang Port Ruihai International Logistics, yang menyimpan natrium sianida dan toluena diisosianat beracun. Biro Gempa Nasional mengatakan kekuatan ledakan pertama setara dengan 3 ton TNT dan yang kedua setara dengan 21 ton.

REFERENSI
https://cekfakta.tempo.co/fakta/1661/keliru-video-dua-ledakan-besar-dari-perang-rusia-vs-ukraina
https://www.youtube.com/watch?v=993wlZ6XFSs
https://www.scmp.com/topics/tianjin-warehouse-explosion-2015

About Adi Syafitrah 1359 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo