[SALAH] Imigran Ilegal di Amerika Serikat Mendapatkan Kebebasan Lebih Untuk Akses Jaminan Kesehatan dan Hak Memilih Pada 2022

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Informasi yang salah. Faktanya, hanya warga negara AS dan imigran legal (di beberapa negara bagian) yang diizinkan memilih dalam pemilu. Imigran ilegal hanya memiliki akses tertentu untuk Medicaid, namun tidak diizinkan untuk mengakses jaminan kesehatan secara umum.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://web.archive.org/save/https://twitter.com/RonnyJacksonTX/status/1482864012517912582

=====

Narasi:

(Diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia):
“Pada 2022, imigran ilegal akan mendapatkan KEBEBASAN LEBIH dan akses yang lebih mudah untuk jaminan kesehatan dan kotak surat suara, bahkan lebih banyak dari warga negara AS… Coba pikirkan”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter anggota kongres Texas, Ronny Jackson, dengan nama pengguna @RonnyJacksonTX, menyebarluaskan informasi bahwa pada tahun ini imigran ilegal justru akan mendapatkan hak istimewa untuk akses jaminan kesehatan dan kotak surat suara pemilu AS.

Cuitan yang ditulis pada 16 Januari tersebut telah dibagikan ulang sebanyak hampir 4,000 kali dan telah disukai oleh 8,900 orang. Banyak pengguna Twitter lain yang juga memberikan komentar.

Berdasarkan hasil penelurusan, kedua pernyataan tersebut salah. Menurut laman resmi pemerintah AS, hanya warga negara AS yang diizinkan memberikan suara dalam pemilu. Hanya ada lima negara bagian yang mengizinkan imigran legal untuk memilih, yaitu California, New York, Florida, New Jersey dan Texas. Namun, tidak ada negara bagian yang memberikan imigran ilegal hak untuk memilih.

Hal serupa juga berlaku bagi akses jaminan kesehatan. Imigran ilegal tidak memiliki akses apapun ke jaminan kesehatan, dan juga dilarang untuk membeli asuransi baik yang bersubdisi maupun harga penuh. Beberapa negara bagian mengizinkan kasus mendesak seperti wanita melahirkan untuk mendapatkan layanan Medicaid, namun hanya sebatas itu saja.

Informasi serupa pernah dibahas oleh CNN dengan judul “Fact check: Rep. Ronny Jackson falsely claims undocumented immigrants have ‘easier access’ than most citizens to health care and voting”.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh anggota kongres Texas Ronny Jackson merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://www.usa.gov/who-can-vote#:~:text=Non%2Dcitizens%2C%20including%20permanent%20legal,the%20laws%20in%20your%20state


https://www.pewresearch.org/fact-tank/2020/03/03/most-of-the-23-million-immigrants-eligible-to-vote-in-2020-election-live-in-just-five-states/


https://marketplace.cms.gov/technical-assistance-resources/immigration-fast-facts.pdf


https://edition.cnn.com/2022/01/21/politics/fact-check-ronny-jackson-immigrants-health-care-ballot-boxes/index.html