[SALAH] Tautan Hadiah Senilai Rp2 Juta oleh Pos Indonesia

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Link tersebut tidak benar. Faktanya, Corporate Secretary PT Pos Indonesia (Persero) Tata Sugiarta menjelaskan Pos Indonesia saat ini tidak memiliki program hadiah dan link yang beredar tersebut tidak benar.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten Palsu

= = = = =

SUMBER: Whastapp
https://guesscivil[dot]top/cRqmKAYQ/posindonesia/?_t=1645398744234#1645588059527
https://archive.ph/3XkCd (arsip link)


= = = = =

NARASI:
“Selamat!
Hadiah promosi aplikasi Pos Indonesia!
Melalui kuesioner, Anda akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan 2000000 Rupiah”
= = = = =

PENJELASAN:
Beredar melalui Whatsapp link yang mengatasnamakan Pos Indonesia dalam rangka hadiah promosi aplikasi Pos Indonesia. Jika mengisi kuesioner pada link tersebut akan memiliki kesempatan mendapatkan Rp2.000.000.

Setelah ditelusuri di Instagram resmi Pos Indonesia pada salah satu postingannya ditemukan informasi bahwa berita dan informasi tentang Pos Indoensia hanya ada di www.posindonesia.co.id.

Lebih lanjut pada website resmi Pos Indonesia terdapat artikel dengan judul “Klarifikasi Pos Indonesia Terkait Informasi Hoax tentang Program Hadiah” yang diunggah pada 21 Februari 2022. Dalam artikel tersebut Corporate Secretary PT Pos Indonesia (Persero) Tata Sugiarta menjelaskan Pos Indonesia tidak memiliki program hadiah senilai Rp2.000.000, adapun link tersebut tidak benar.

Pos Indonesia mengimbau agar masyarakat tidak mengklik tautan tersebut dan berhati-hati jika ada yang mengtasnamakan Pos Indonesia. Informasi resmi Pos Indonesia bisa didapatkan melalaui website resmi www.posindonesia.co.id, Instagram @posindonesia.ig, Twitter @posindonesia, Facebook Pos Indonesia atau Pos Call 1500161.

Dengan demikian link hadiah Rp2.000.0000 oleh Pos Indonesia tidak benar, informasi tersebut dijelaskan oleh Corporate Secretary PT Pos Indonesia (Persero) Tata Sugiarta sehingga masuk dalam kategori konten palsu.

REFERENSI:
https://www.instagram.com/p/CaE2JinlyBD/
https://www.posindonesia.co.id/id/artikel/detail/172/klarifikasi-pos-indonesia-terkait-informasi-hoax-tentang-program-hadiah

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Bentang Febrylian