[SALAH]: Seorang Petugas PLN di Nguling Pasuran Tersetrum dan Terbakar di Tiang Listrik

Bukan di Nguling Pasuruan. Kapolsek Nguling AKP Zudianto menyebut video itu bukan di wilayahnya. Pihak PLN, kata Zudianto, juga membantah kejadian itu.

======

[KATEGORI]: KONTEKS YANG SALAH

======

[SUMBER]: FACEBOOK (https://archive.fo/VyUT6)

======

[NARASI]:

“Petugas pln kesetrum”

======

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Facebook bernama Bengkel SS Teknik mengunggah sebuah video berdurasi 29 detik yang memperlihatkan seorang petugas PLN yang tersetrum di tiang listrik hingga menyebabkan tubuhnya mengeluarkan api. Dalam video tersebut terdapat tulisan bahwa kejadian tersebut berada di Nguling, Pasuruan, Jawa Timur.
.
Berdasarkan Penelusuran, Kapolsek Nguling AKP Zudianto menyebut video itu bukan di wilayahnya. Pihak PLN, kata Zudianto, juga membantah kejadian itu.

“Itu hoaks (menurut) sumber manager PLN wilayah timur,” tegas Zudi.

Video tersebut nyatanya sudah beredar di media sosial dan youtube sejak tahun 2020 lalu dengan menyantumkan lokasi yang berbeda-beda.

Manajer PLN UP3 Malang, M Eryan Saputra menyampaikan, video yang sama sebelumnya beredar di kawasan Mojokerto dan Malang. Kemudian hari ini, Kamis (17/9/2020) banyak beredar jika video itu terjadi di Lumajang. “Sebenarnya saat video pertama beredar kami sudah berikan imbauan,” katanya.

======

REFERENSI:

https://www.detik.com/jatim/berita/d-5942676/viral-petugas-tersetrum-terbakar-di-tiang-listrik-pasuruan-polisi-hoaks

https://www.detik.com/jatim/berita/d-5942676/viral-petugas-tersetrum-terbakar-di-tiang-listrik-pasuruan-polisi-hoaks