[SALAH] Foto “Wanita yang Menikahi Lima Suami”

BUKAN foto wanita yang memiliki lima suami. Wanita di foto itu adalah Dina Oktavia yang ditinggal sang suami karena melahirkan bayi yang mengalami kerusakan pada wajah atau cacat.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Beredar foto seorang wanita yang mengenakan baju berwarna kuning sambil mengendong anak yang dimuat di artikel berjudul “Menikahi 5 Suami, Wanita Ini Mengaku Bahagia Melayani Setiap Malam Secara Bergiliran, Hingga Bingung Siapa Bapak dari Anaknya” yang terbit di situs media-rakyat[dot]xyz pada 11 Desember 2021.

Di paragraf awal artikel itu ditulis bahwa di India, seorang wanita bernama Rajo Vermo nekat menikahi lima suami yang mereka semua adalah saudara.

Sumber: archive.ph/EtJo4 (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya foto seorang wanita yang mengenakan baju berwarna kuning sambil mengendong anak yang diklaim sebagai seorang wanita yang menikahi lima suami sekaligus merupakan klaim yang menyesatkan.

Faktanya, bukan foto wanita yang memiliki lima suami. Wanita di foto itu adalah Dina Oktavia yang ditinggal sang suami karena melahirkan bayi yang mengalami kerusakan pada wajah atau cacat.

Foto yang identik, dimuat di artikel berita berjudul “Kisah Pilu Wanita di Surabaya yang Ditinggal Suami Karena Anaknya Cacat” yang terbit di situs detik.com pada Rabu, 04 Desember 2019.

Dilansir dari artikel tersebut, kisah pilu seorang perempuan di Surabaya viral di aplikasi percakapan WhatsApp. Wanita bernama Dina Oktavia (21) ditinggal sang suami karena melahirkan bayi yang mengalami kerusakan pada wajah atau cacat. Dalam pesan yang beredar, sang suami diketahui bernama Muhammad Abdul Azis (23).

Muhammad meninggalkan istrinya karena ia dan keluarga tidak mau menerima kelahiran anaknya yang mengalami facial cleft tessier hydrocephalus myelomeningocele. Akibat penyakit yang dialami, bayi tersebut mengalami kerusakan pada wajahnya. Khususnya di bagian bibir, hidung dan kedua matanya.

Sementara itu terkait nama Rajo Verma yang disebut di sumber klaim, dilansir dari Liputan6, seorang ibu muda memiliki lima suami dan semuanya merupakan adik kakak. Rajo Verma (21) tinggal di sebuah gubuk dengan satu kamar bersama kelima suaminya. Namun, Verma tidur dengan salah satu dari lima suaminya secara bergantian.

Suaminya, Guddu (21), yang pertama menikahi Verma. Ia bersikeras tak cemburu dengan suami-suami lainnya yang merupakan saudaranya. Pasangan itu menikah dengan upacara keagamaan Hindu pada empat tahun lalu, dan Guddu tetap menjadi pasangan resminya. Tapi kebiasaan di desa adalah wanita harus menikahi saudara suaminya. Seperti Bajju (32), Sant Ram (28), Gopal (26), dan Dinesh yang menikah tahun lalu ketika ia berusia 18 tahun.

REFERENSI
https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4808803/kisah-pilu-wanita-di-surabaya-yang-ditinggal-suami-karena-anaknya-cacat/
https://www.liputan6.com/health/read/537942/wanita-muda-nikahi-5-pria-bersaudara-sampai-tak-tahu-ayah-anaknya

About Adi Syafitrah 1336 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo